Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yakin buronan Harun Masiku segera ditangkap. (Foto: Antara)
Ariedwi Satrio

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih memburu Harun Masiku. Ketua KPK  Firli Bahuri menyebut Harun Masiku merupaka  sakah satu dari enam orang yang menjadi buronan lembaga antirasuah tersebut.

Firli memastikan masih berupaya untuk mencari dan terus memburu para buronan KPK, termasuk Harun Masiku. Firli meyakini Harun Masiku dan buronan lainnya tidak akan bisa tidur nyenyak. Sebab, kata Firli, para buronan tersebut tinggal tunggu dijemput KPK.

"KPK mencatat ada beberapa orang yang dicari oleh KPK, saya tidak menyebut satu per satu. Setidaknya masih ada enam orang yang kami cari. Dan saya yakin, sampai hari ini dia (Harun Masiku dkk) tidak bisa tidur nyenyak karena sampai kapan pun akan dicari oleh KPK, hanya tunggu waktu dia pasti tertangkap," kata Firli di Gedung Juang KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (18/5/2022).

Sekadar informasi, Harun Masiku merupakan mantan calon legislatif (caleg) asal PDIP yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pemulusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR.

Harun ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya. Ketiganya yakni, mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan; mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina serta pihak swasta, Saeful.

Harun Masiku lolos dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Dia berhasil melarikan diri. Dia kemudian ditetapkan sebagai buronan KPK pada Januari 2020. Harun juga telah dicegah untuk bepergian ke luar negeri. Kendati demikian, hingga kini belum diketahui keberadaan Harun Masiku.

Selain Harun Masiku, KPK tercatat masih mempunyai tiga buronan yang belum berhasil ditangkap. Ketiga buronan KPK tersebut yakni Surya Darmadi; Izil Azhar serta Kirana Kotama. KPK berjanji bakal menangkap para buronan kasus korupsi tersebut. 


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT