Sekdaprov Sulut. Asiano G Kawatu. (Foto: Antara/HO-DKISP)
Antara

MANADO, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sulut mengajak pelaku perjalanan menjelang hari raya Idul Fitri yang akan masuk ataupun ke luar wilayah provinsi tersebut untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Prokes ini penting guna mencegah penularan Covid-19.

"Tahun 2020 ketika pandemi terjadi maka ada pembatasan untuk aktivitas perhubungan baik darat, laut maupun udara, begitu juga di tahun sebelumnya," kata Sekdaprov Sulut, Asiano Gamy Kawatu di Manado, Jumat (8/4/2022).

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengendalikan mobilitas masyarakat di bulan puasa tahun 2022. Di pusat-pusat perbelanjaan misalkan, sudah banyak yang berbelanja tetapi masih dibatasi dengan prokes.

Begitupun dengan transportasi udara, pelaku perjalanan dalam negeri yang akan naik pesawat namun belum mendapatkan vaksin penguat (booster), harus melaksanakan antigen.

Selanjutnya, pelaku perjalanan yang belum dua kali mendapatkan suntikan Covid-19 harus melakukan PCR, sedangkan yang belum divaksin harus mendapatkan surat keterangan dokter.

"Protokol kesehatan ini yang harus dijalani, begitu juga dengan transportasi laut. Di darat agak sulit dilakukan kecuali di batas-batas provinsi antara Sulut dan Gorontalo," katanya.

Diperkirakan, lonjakan penumpang yang menggunakan transportasi udara, laut dan darat terjadi tanggal 27-28 April 2022.

Pengendalian transportasi ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat ketika berlalu lintas atau melakukan perjalanan, di samping diharapkan patuh menerapkan protokol kesehatan.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT