4 Petugas Imunisasi Polio Dibunuh Kelompok Bersenjata

Ahmad Islamy Jamil · Selasa, 15 Juni 2021 - 18:22:00 WITA
4 Petugas Imunisasi Polio Dibunuh Kelompok Bersenjata
Petugas keamanan Afghanistan tengah berjaga-jaga di wilayah konflik. (Foto: Reuters)

KABUL, iNews.id – Sejumlah serangan mengakibatkan empat petugas imunisasi polio tewas dan tiga lainnya terluka di Kota Jalalabad, Afghanistan Timur, Selasa (15/6/2021). Insiden tersebut semakin menambah panjang daftar serangan terhadap petugas kesehatan di negara konflik itu.

Gelombang aksi pembunuhan melanda pusat-pusat kota Afghanistan sejak dimulainya perundingan damai antara Taliban dan Pemerintah Afghanistan tahun lalu di Doha, Qatar. Para penyerang umumnya menyasar para pegawai pemerintah, petugas kesehatan, pekerja media, dan anggota masyarakat sipil.

Kepala program imunisasi polio di Provinsi Nangarhar, Dr Jan Mohammad mengatakan, kelompok bersenjata menyasar petugas imunisasi polio di tiga lokasi di kota Jalalabad. Serangan itu menewaskan empat orang dan melukai tiga lainnya.

“Hari ini adalah hari kedua kami menjalankan program imunisasi, setelah tiga bulan tertunda. Akan tetapi, kami terpaksa menangguhkannya sekali lagi,” kata Mohammad kepada Reuters, Selasa ini. 

Dia menjelaskan, semua korban tewas adalah laki-laki.

Kelompok bersenjata juga membunuh tiga petugas vaksinasi polio di Jalalabad pada Maret lalu. Kala itu, semua korban adalah perempuan. Insiden tersebut memaksa para petugas imunisasi untuk menangguhkan kegiatan mereka.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: