5 Vaksin Booster Covid-19 Ini Sudah Dapat Izin EUA

Leonardus Selwyn ยท Senin, 10 Januari 2022 - 14:43:00 WITA
5 Vaksin Booster Covid-19 Ini Sudah Dapat Izin EUA
Ilustrasi vaksin boosteer. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak lima  vaksin Covid-19 telah mendapatkan Emergency Use Autorization (EUA) atau izin penggunaan darurat untuk vaksinasi booster Covid-19. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan sudah mulai digunakan 12 Januari.

"Pemberian EUA ini diputuskan setelah BPOM melakukan evaluasi dan penelitian terhadap efektivitas dan keamanan vaksin Covid-19," kata Ketua BPOM, Penny Lukito.

Dari siaran pers yang disiarkan langsung di channel YouTube BPOM, Penny mengungkapkan ada lima vaksin Covid-19 yang akan dijadikan booster. Vaksinasi booster ini sendiri dijadwalkan dimulai pada 12 Januari 2022 mendatang. 

Adapun kelima vaksin Covid-19 tersebut adalah: 

1. Vaksin Coronavac Covid-19 Biofarma  

Untuk booster homolog yang akan diberikan sebanyak 1 dosis setelah enam bulan dari vaksinasi primer dosis lengkap Coronavac Covid-19 untuk usia 18 tahun. 

Berdasarkan pertimbangan dari uji klinik, keamanan yang tidak diinginkan dan sering terjadi berhubungan dengan vaksin yaitu seperti nyeri di tempat suntikan, kemerahan, umumnya tingkat keparahannya level 1 dan 2.  

Imugenitas menunjukkan peningkatan titer antibodi netralisasi hingga 31-35 kali setelah 28 hari pemberian vaksin booster pada subjek dewasa. 

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: