8 Warga Sangihe Terkena DBD, Dinkes Ingatkan 3M untuk Pencegahan

Antara · Kamis, 10 Juni 2021 - 15:12:00 WITA
8 Warga Sangihe Terkena DBD, Dinkes Ingatkan 3M untuk Pencegahan
Ilustrasi nyamuk penyebar DBD. (Foto: Ist)

SANGIHE, iNews.id - Sebanyak delapan warga Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, terkena penyakit demam berdarah dengue (DBD). Sebagian dari mereka sudah mendapat penanganan medis sehingga telah dibolehkan pulang.

Kepala Dinas Kesehatan Sangihe Jopy Thungari mengatakan, sudah meminta semua masyarakat untuk bersama-sama membasmi perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD.

"Semua masyarakat harus bekerja sama membasmi jentik nyamuk dengan membuang air tergenang di setiap wadah yang menjadi sarang nyamuk," katanya di Tahuna, Kamis (10/6/2021).

Menurutnya, pemerintah melalui Dinas Kesehatan mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pencegahan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan 3M yaitu memutus rangkaian perkembangan biakan nyamuk dengan menutup menguras bahan yang berpotensi menjadi tempat berkembang biakan jentik nyamuk DBD," katanya.

Selain itu, mengimbau masyarakat untuk menggunakan kelambu saat tidur dan menggunakan obat anti nyamuk guna menghindari gigitan nyamuk.

Kadinkes juga meminta masyarakat untuk bekerja sama memutus rantai perkembangan nyamuk dengan membersihkan lingkungan serta membuang semua wadah yang menampung air di daerahnya masing-masing.

"Keterlibatan semua masyarakat dalam membasmi jentik nyamuk sangat di harapkan agar nyamuk penyebab DBD tidak berkembang," ucapnya.

Editor : Donald Karouw