80 Juta Anak Indonesia Terdampak Pandemi Covid-19

Carlos Roy Fajarta · Minggu, 10 Oktober 2021 - 15:51:00 WITA
80 Juta Anak Indonesia Terdampak Pandemi Covid-19
Anak-anak

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 80 juta anak Indonesia terdampak pandemi Covid-19. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) menyatakan anak-anak dan remaja saat ini harus menghadapi tantangan kenormalan baru.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK, Andi Megantara saat pelaksanaan rapat koordinasi nasional Majelis Pelayanan Sosial PP Muhammadiyah dan Majelis Kesejahteraan Sosial PP Aisyiyah pada Minggu (10/10/2021).

"Pandemi Covid-19 telah membawa anak dan remaja di Indonesia harus menghadapi tantangan kenormalan baru. Pandemi membawa dampak sekunder yang luas kepada 80 juta anak dalam kehidupan sehari-hari," ujar Andi Megantara.

Dia menyebut yang paling mendasar bagi anak dan terdampak pandemi yaitu pendidikan. Selain itu ada pula akses layanan kesehatan, gizi, dan perlindungan anak terdampak begitu besar.

"Setiap keluarga harus berjuang agar dapat bertahan secara finansial selama pandemi Covid-19, ketimpangan yang ada semakin memburuk terutama dalam aspek gender, kemiskinan dan disabilitas," kata Andi Megantara.

Andi mengungkapkan banyak anak yang menjadi yatim piatu korban Covid-19 karena orang tuanya terpapar Covid-19 dan meninggal dunia.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: