Aktivitas Masyarakat Jadi Kunci Perbaikan Ekonomi Daerah Tahun 2022

Subhan Sabu · Kamis, 25 November 2021 - 07:26:00 WITA
Aktivitas Masyarakat Jadi Kunci Perbaikan Ekonomi Daerah Tahun 2022
Acara pertemuan tahunan BI 2021, Rabu (24/11/2021).(Foto: MPI/Subhan Sabu)

MANADO, iNews.id - Tahun 2022, aktivitas masyarakat masih akan menjadi kunci perbaikan perekonomian daerah. Kenaikan kasus aktif Covid-19 diharapkan tidak terjadi lagi di tahun depan.

Tingkat vaksinasi yang relatif tinggi akan menjadi modal bagi perekonomian Sulawesi Utara (Sulut) untuk menjaga level aktivitas yang mendukung normalisasi konsumsi domestik.

Selain itu, mobilitas diperkirakan akan berangsur mendekati level sebelum pandemi sehingga berdampak positif terhadap dua lapangan usaha utama Sulut yaitu transportasi dan perdagangan. Selain itu, harga komoditas yang masih tinggi akan menjaga insentif berproduksi pada lapangan usaha industri pengolahan maupun perkebunan. 

"Kinerja perikanan juga diperkirakan membaik seiring menurunnya anomali cuaca pada 2022. Dari sisi perbankan, percepatan penyaluran kredit akan menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi," kata Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulut Arbonas Hutabarat dalam acara pertemuan tahunan BI 2021, Rabu (24/11/2021).

Meski demikian kata Arbonas, masih terdapat beberapa risiko perekonomian daerah yang perlu diperhatikan yaitu ketidakpastian perekonomian global yang relatif masih tinggi, risiko gangguan mata rantai global serta risiko biaya logistik yang berada pada level tinggi di samping risiko penyebaran Covid-19 yang masih mengancam. 

Gangguan mata rantai global berdampak pada risiko perubahan sourcing produksi di berbagai negara. Sementara itu, kenaikan biaya logistik berisiko menurunkan daya saing komoditas strategis Sulut.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: