Apel Akbar Bawaslu Sulut, Kesehatan Penyelenggara dan Pemilih Harus Terjamin

Arther Loupatty ยท Senin, 27 Juli 2020 - 19:18 WIB
Apel Akbar Bawaslu Sulut, Kesehatan Penyelenggara dan Pemilih Harus Terjamin
Selebrasi pelepasan balon ke udara dengan membawa pataka Bawaslu usai Apel Kesiapan Pilkada Serentak 2020 di Manado, Sulawesi Utara. (Foto: iNews/Arther Loupatty) .

MANADO, iNews.id - Bawaslu Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Apel Akbar Kesiapan Pengawasan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam Pilkada Serentak 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Kantor Sekretariat Bawaslu Sulut, Jalan Manado-Tomohon, Kelurahan Winangun, Kota Manado, Senin (27/7/2020).

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sengketa Bawaslu Mochammad Afifuddin yang menjadi inspektur apel mengatakan, Pilkada Serentak 2020 harus berjalan dengan baik meski dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Kita sebagai pengawas harus memastikan semua proses berjalan dengan baik. Pilkada harus berkualitas dengan Bawaslu sebagai quality control,” ujar Affifudin saat memberikan arahan.

Dia menjelaskan, syarat terselenggaranya pilkada lanjutan di tengah wabah corona yakni keselamatan seluruh warga. Baik pemilih, penyelenggara maupun peserta.

"Pilkada di tengah pandemi saat ini menambah kerawanan. Kita juga harus memastikan kesehatan warga dapat terjamin. Jadi kita harus saling mengingatkan untuk tetap menaati protokol kesehatan,” katanya.

Di akhir sambutan, Afifuddin menyemangati seluruh peserta untuk siap mengawasi Pilkada 2020. Selanjutnya ditutup dengan selebrasi pelepasan balon ke udara dengan membawa pataka Bawaslu.

Kegiatan ini diikuti ketua dan anggota Bawaslu Sulut serta kepala sekretariat dan seluruh staf. Hadir juga pimpinan Bawaslu Kabupaten Kota se-Sulut dan Kepala Biro Teknis Pengawasan Penyelenggaran Pemilu La Bayoni.


Editor : Donald Karouw