ASN Diminta Jadi Teladan, Nekat Mudik Laporkan Saja

Rina Anggraeni ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 14:25:00 WITA
ASN Diminta Jadi Teladan, Nekat Mudik Laporkan Saja
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melanggar larangan mudik dapat dilaporkan masyarakat dan akan diberi tindakan tegas. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, mengatakan ASN harus menjadi teladan bagi masyarakat.

Dalam hal kepatuhan atas larangan mudik yang telah dikeluarkan pemerintah ASN harus menjadi contoh. Seperti diketahui, ASN beserta keluarganya dilarang melakukan perjalanan ke luar daerah atau mudik menjelang dan sesudah lebaran. 

“ASN harus menjadi teladan yang baik untuk masyarakat. Saya ingatkan dan tegaskan, ASN untuk tidak mudik,” ujar Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Menurut dia, sudah sewajarnya jika ASN menahan diri untuk tidak mudik. Hal itu, bukan hanya karena ada larangan dari pemerintah, tetapi juga upaya untuk melindungi diri dan sanak saudara dari kemungkinan tertular virus Covid-19

“Mari kita lindungi diri kita sendiri, keluarga, dan orang-orang sekitar kita. Tidak mudik adalah bentuk rasa cinta, melindungi dan bertanggung jawab pada keluarga,” kata Tjahjo Kumolo.

Dia mengatakan, bagi ASN yang tetap melakukan mudik, dapat dijatuhi sanksi disiplin sesuai dengan PP No. 53/2010 tentang Disiplin PNS dan PP No. 49/2018 tentang Manajemen PPPK. 

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2