Bantu Pasangan Suami Istri, Pemkab Bone Bolango Gelar Isbat Nikah Massal

Antara · Rabu, 22 Desember 2021 - 18:43:00 WITA
Bantu Pasangan Suami Istri, Pemkab Bone Bolango Gelar Isbat Nikah Massal
Bupati Bone Bolango, Hamim Pou.(Foto: Antara)

Sebelumnya, Wakil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli mengungkapkan, di Kabupaten Bone Bolango masih ada sekitar 8.000 pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah, mengingat buku nikah sangat erat kaitannya dengan pengurusan dokumen kependudukan.

"Kalau mereka ini bisa kita nikahkan sesuai dengan aturan agama dan hukum negara. Itu akan berpengaruh terhadap dokumen kependudukan yang mereka miliki, termasuk dokumen kependudukan anak dan cucu mereka," ucapnya.

Merlan mengatakan, Kementerian Agama (Kemenag) Bone Bolango bersama Pemkab Bone Bolango akan melakukan kerja sama isbat nikah kepada mereka pasutri yang belum memiliki buku nikah.

Oleh karena itu, ia pun meminta bagian hukum untuk segera membuat proposalnya, untuk permulaan sekitar 200-300 orang dan nanti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bone Bolango yang akan bantu.

"Anggaran pelaksanaan isbat nikah-nya dari Baznas, kita ajukan proposal dan kita harapkan di Hari Ibu tanggal 22 Desember 2021 nanti, kita akan kasih hadiah untuk warga Bone Bolango dari 8.000 yang belum memiliki buku nikah itu. Ada 200-300 orang yang bisa kita Isbat nikah secara massal," terang Wabup Merlan.

Dia pun berharap ke depan pelaksanaan isbat nikah massal akan masuk dalam program kegiatan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), sebab ini berkaitan dengan dokumen kependudukan.

"Dengan adanya program isbat nikah, maka akan tercatat anak-anak yang terlahir dari keluarga-keluarga yang tidak memiliki buku nikah, dan itu akan berdampak besar. Termasuk nanti akan berpengaruh ke depan terhadap persoalan hak waris," katanya.

Editor : Cahya Sumirat

Bagikan Artikel: