Banyak yang Terpapar Covid-19, Baru 139 Nakes di Sangihe Disuntik Vaksin Moderna 

Antara · Rabu, 01 September 2021 - 14:59:00 WITA
Banyak yang Terpapar Covid-19, Baru 139 Nakes di Sangihe Disuntik Vaksin Moderna 
Ilustrasi. Vaksinasi dilakukan TNI AL di beberapa daerah terluar di Sulut.(Foto: Lantamal VIII)

SANGIHE, iNews.id - Hingga akhir Agustus 2021 baru 139 orang tenaga kesehatan (nakes) yang disuntik vaksin Moderna. Sedikitnya nakes yang disuntik dosis ketiga itu karena banyak yang terpapar Covid-19.

"Sampai saat ini baru 139 orang tenaga kesehatan yang diberi vaksin Moderna atau dosis tiga suntikan vaksin COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jopy Thungari, Rabu (1/9/2021).

Menurut dia, kendala sampai kurangnya realisasi pemberian suntikan vaksin Moderna karena banyak tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19.

"Di Sangihe, banyak tenaga kesehatan yang pernah terpapar Covid-19 sehingga tidak bisa langsung divaksin sebab harus menunggu beberapa bulan baru boleh divaksin," ujarnya. 

Namun demikian sampai saat ini kegiatan vaksinasi Maderna bagi tenaga kesehatan di wilayah kecamatan masih tetap dilakukan bagi tenaga kesehatan yang memenuhi syarat.

"Jadwal pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan di kecamatan akan diatur oleh puskesmas sesuai kondisi wilayah masing-masing," tuturnya.

Sedangkan tenaga kesehatan di lingkungan kantor dinas kesehatan sudah dilaksanakan pemberian vaksin Moderna.

"Kalau tenaga kesehatan di kantor dinas kesehatan sudah disuntik vaksin Moderna pada minggu yang lalu," ujarnya.

Vaksin Moderna yang diterima sebanyak 100 botol yang akan diberikan kepada 1.400 tenaga kesehatan.

"Vaksin Moderna yang kami terima hanya di peruntukan bagi tenaga kesehatan, sedangkan warga yang lainnya belum ada petunjuk dari provinsi maupun pusat," katanya.

Editor : Cahya Sumirat

Bagikan Artikel: