Bea Cukai Sulbagtara Musnahkan Barang Hasil Penindakan Senilai Rp1 Miliar Lebih

Subhan Sabu ยท Kamis, 26 November 2020 - 09:37:00 WITA
Bea Cukai Sulbagtara Musnahkan Barang Hasil Penindakan Senilai Rp1 Miliar Lebih
Pemusnahan barang yang melanggar kepabean dan cukai di Kantoa Bea dan Cukai Sulbagtara. (Foto: Okezone/Subhan Sabu)

MANADO, iNews.id - Sejumlah barang hasil penindakan Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) bersama dengan TNI-Polri, Kejaksaan dan pemerintah daerah selama periode 2018-2020 dimusnahkan. Total barang tangkapan hasil pelanggaran kepabeanan dan cukai yang dimusnahkan senilai Rp1.010.905.360.

"Perkiraan barang yang dimusnahkan senilai satu miliar lebih," ujar Kepala Kantor Bea dan Cukai Sulbagtara Cerah Bangun, Rabu (25/11/2020).

Menurutnya proses pemusnahan barang ini telah mendapat persetujuan Menteri Keuangan melalui Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Proses pemusnahan ini melibatkan Dirje Bea dan Cukai Sulbagtara, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Manado dan KPPBC Bitung.

Barang-barang milik negara yang dimusnahkan berupa 1.240.552 batang rokok ilegal dengan berbagai jenis dan merk. Kemudian 9.997 botol minuman mengandung etil alkohol (MMEA) ilegal dengan berbagai golongan dan merk. Selain barang-barang milik negara di atas terdapat pula MMEA yang telah kedaluarsa dan tidak layak konsumsi sehingga atas barang tersebut dilakukan pemusnahan sebanyak 26.400 botol.

Pemusnahannya dilakukan dengan dua cara. Untuk rokok dibakar pada tungku dan botol minuman beralkohol digilas dengan alat berat. Dalam pelaksanaan pemusnahan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Editor : Donald Karouw