Berani, Gubernur Ini Tolak Program Wajib Vaksin Covid dari Presiden

Ahmad Islamy Jamil · Selasa, 12 Oktober 2021 - 21:21:00 WITA
Berani, Gubernur Ini Tolak Program Wajib Vaksin Covid dari Presiden
Presiden AS Joe Biden mengeluarkan aturan wajib vaksin terhadap warganya, namun ditentang oleh gubernur Texas (ilustrasi). (Foto: Ilustrasi/Ist)

AUSTIN, iNews.id – Langkah berani dilakukan Gubernur Texas AS, Greg Abbott. Dia melarang pemberlakuan aturan wajib vaksinasi Covid oleh entitas mana pun di negara bagiannya, termasuk oleh para pengusaha.

Menurut politikus Partai Republik itu, perintah wajib vaksin yang dikeluarkan Presiden Joe Biden itu seakan-akan “mengintimadasi” warga.

Langkah Abbott tersebut membuatnya berhadapan dengan Presiden Joe Biden—yang notabene politikus Partai Demokrat. Bulan lalu, Biden menyerukan para pengusaha AS agar menyuruh para karyawan mereka divaksinasi. Jika ada staf atau pekerja yang tak mau divaksinasi, mereka akan kehilangan pekerjaan mereka. 

Sampai hari ini, sudah ada beberapa ribu orang yang dipecat dari pekerjaan mereka karena menolak untuk mematuhi perintah presiden itu.

“Dalam contoh lain dari penjangkauan federal (pemerintah pusat), pemerintahan Biden sekarang menggertak banyak entitas swasta untuk memaksakan wajib vaksin Covid-19, menyebabkan gangguan tenaga kerja yang mengancam pemulihan berkelanjutan Texas dari bencana Covid-19,” ungkap Abbott dalam instruksi gubernur (ingub) yang dikeluarkannya, dikutip Reuters, Selasa (12/10/2021) WIB.

Gedung Putih belum memberikan komentar atas langkah kontroversial Abbott itu.

Dalam ingub-nya, Abbott menyatakan bahwa tidak ada satu pun entitas di Texas yang boleh memaksa orang-orang untuk mendapatkan sertifikat bukti vaksinasi, termasuk kepada karyawan atau pelanggan mereka. Dia pun meminta anggota parlemen negara bagian untuk mengangkat masalah ini dalam sesi khusus yang akan datang.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: