Bertempur dengan Kelompok Etnis, Pasukan Myanmar Serang Gereja, 4 Orang Tewas

Anton Suhartono · Rabu, 26 Mei 2021 - 16:16:00 WITA
Bertempur dengan Kelompok Etnis, Pasukan Myanmar Serang Gereja, 4 Orang Tewas
Gereja Katolik di Kayah, Myanmar, diserang pasukan junta militer menewaskan empat orang (Foto: Kantarawaddy Times)

YANGON, iNews.id - Pertempuran dengan kelompok etnis pecah pada Minggu (23/5/2021). Pasukan Myanmar pun menyerang gereja Katolik di Distrik Loikaw, Negara Bagian Kayah

Akibat serangan itu empat orang tewas dan delapan lainnya luka, di samping menyebabkan kerusakan parah pada bangunan gereja.

Para korban, kebanyakan perempuan dan anak-anak, berlindung di gereja setelah pasukan Myanmar menggempur wilayah di dekat perbatasan dengan Thailand itu dalam pertempuran terbaru untuk menekan kelompok etnis yang menolak tunduk pada pemerintahan kudeta militer.

Myanmar merupakan negara berpenduduk mayoritas Budha namun beberapa wilayah, termasuk Kayah, menjadi kantong penganut Kristen yang besar.

Uskup Agung Yangon Kardinal Charles Maung Bo menyerukan agar serangan terhadap tempat-tempat ibadah dihentikan.

"Dengan kesedihan dan rasa sakit luar biasa, kami mengalami penderitaan atas serangan terhadap warga sipil tidak bedosa yang mencari perlindungan di Gereja Hati Kudus, Kayanthayar," kata Bo, di Twitter, seperti dilaporkan kembali Reuters, Rabu (26/5/2021).

"Tindak kekerasan, termasuk penembakan yang terus menerus menggunakan senjata berat terhadap warga yang ketakutan, sebagian besar perempuan dan anak-anak, telah menimbulkan korban," ujarnya, melanjutkan.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2