BMKG: 9,94 Persen Wilayah Indonesia Sudah Masuk Musim Kemarau, Salah Satunya Sulut

Binti Mufarida ยท Senin, 03 Mei 2021 - 16:16:00 WITA
BMKG: 9,94 Persen Wilayah Indonesia Sudah Masuk Musim Kemarau, Salah Satunya Sulut
Ilustrasi cuaca BMKG. (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan saat ini sekitar 9,94 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Hal ini berdasarkan peta zona musim (ZOM).

“Berdasarkan jumlah ZOM, 9,94 persen wilayah Indonesia sudah masuk musim kemarau,” tulis BMKG dalam keterangannya di Jakarta, Senin (3/5/2021).

BMKG mencatat wilayah yang sedang mengalami musim kemarau meliputi Sulawesi Utara bagian selatan dan timur, Aceh, sebagian Sumatera Utara, Jawa Barat bagian utara, sebagian Cilacap, sebagian Jawa Timur, sebagian Bali, sebagian NTB, sebagian NTT, Kalimantan Selatan bagian timur, Sulawesi Selatan bagian selatan dan timur, Maluku Utara bagian barat, Papua Barat bagian timur dan Papua bagian tengah.

BMKG mengatakan, kini umumnya curah hujan pada dasarian III April 2021 berada pada kriteria rendah - menengah (0-150 mm/dasarian). Curah hujan tinggi dan sangat tinggi (> 150 mm/dasarian) terjadi di sebagian kecil Sumut dan Riau. Kemudian sebagian kecil Kalimantan Tengah dan Papua.

Pada bulan Mei ini, dasarian I umumnya diprakirakan curah hujan berada pada kriteria menengah (50-150 mm/dasarian). Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori tinggi (> 150 mm/dasarian) meliputi Papua bagian tengah.

Kemudian, wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori menengah (50 – 150 mm/dasarian) berada di sebagian besar Sumatra, sebagian besar Kalimantan, sebagian Jawa, sebagian besar Sulawesi, Malut, sebagian besar Maluku, Papua Barat dan sebagian besar Papua.

Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori rendah (< 50 mm/dasarian) berada di Lampung bagian selatan, sebagian Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, sebagian kecil Kalimantan, sebagian kecil Sulawesi, sebagian Maluku bagian selatan, Papua bagian selatan.

Editor : Donald Karouw