Bujuk Pasien Covid-19 untuk Diisolasi, Bintara Polisi di Bitung Dapat Penghargaan

Arther Loupatty · Jumat, 22 Mei 2020 - 15:32 WIB
Bujuk Pasien Covid-19 untuk Diisolasi, Bintara Polisi di Bitung Dapat Penghargaan
Bripka Ronald Walah yang berhasil membujuk pasien positif Covid-19 untuk isolasi mendapat penghargaan dari Wali Kota Bitung Maxmilian Lomban. (Foto : iNews.id/Humas Polres Bitung)

BITUNG, iNews.id - Aksi humanis Bripka Ronald Walah berbuah penghargaan dari Wali Kota Bitung Maxmilian Lomban. Bintara polisi yang bertugas di Polsek Aertembaga, Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) itu berhasil membujuk seorang pasien positif Covid-19 agar mau diisolasi.

Bripka Ronald menerima langsung penghargaan dalam bentuk piagam di Lapangan Apel Mapolres Bitung, Kamis (21/5/2020). Selain dia, Kapolres Bitung AKBP FX Winardi Prabowo, Kapolsek Aertembaga AKP May Diana Sitepu dan Kanit Reskrim Polsek Aertembaga Aipda Tomy Toar juga menerima penghargaan dari wali kota Bitung.

Dalam kisahnya, Bripka Ronald berhasil mengawal pasien Covid-19 pertama di Kota Bitung untuk dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof dr RD Kandou Malalayang di Kota Manado. Perjuangan membujuk pasien nomor sembilan yang tercatat di Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut itu bukanlah perkara gampang.

Sebelum dijemput, pasien sudah dipulangkan setelah menjalani karantina selama 14 hari. Setelah hasil tes swab pasien dinyatakan positif, Bripka Ronald Walah dan Kapolsek Aertembaga AKP May Diana Sitepu mendatanginya untuk diajak ke rumah sakit menjalani perawatan dan isolasi kembali.

Wali Kota Bitung Maxmilian Lomban mengatakan, keempatnya dianggap telah melaksanakan tugas dan memiliki loyalitas kerja yang baik. Mereka juga dinilai mempunyai kesetiaan dan keberanian dalam mengawal pasien positif Covid-19.


Editor : Arther Loupaty