Cegah Covid-19, Pendataan Keluarga Terapkan Prokes Ketat 

Antara · Senin, 03 Mei 2021 - 11:25:00 WITA
Cegah Covid-19, Pendataan Keluarga Terapkan Prokes Ketat 
Ilustrasi. Program Pendataan Keluarga Tahun 2021. (Foto: Antara-Hubmas Pemprov Sulut)

MANADO, iNews.id - Program pendataan keluarga di Sulawesi Utara (Sulut) menerapkan protokol kesehatan ketat guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulut menyatakan pendataan keluarga  hingga akhir Mei.

"Harus dipastikan bahwa kader pendata mengenakan masker serta menjaga jarak aman," ujar Koordinator Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi BKKBN Sulut Ignatius J Worung di Manado, Minggu (2/5/2021).

Dia berharap, baik petugas pendata maupun masyarakat yang akan didata sama-sama menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Pendataan keluarga dilakukan serentak lima tahun sekali, dan pendataan keluarga tahun ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," ujarnya.

BKKBN melakukan pendataan keluarga sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, dan Peraturan Pemerintah Nomor 87 tentang Perkembangan Kependudukan, Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga.

Keluarga, menurut dia, memegang peranan fundamental dalam masyarakat, agama, dan negara, sedangkan negara menjamin dan melindungi setiap warga untuk mendapatkan haknya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: