Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Sangihe Bentuk Tim Gabungan Pengawasan Pendatang

Antara ยท Minggu, 17 Mei 2020 - 09:29 WIB
Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Sangihe Bentuk Tim Gabungan Pengawasan Pendatang
Ilustrasi virus corona. (Foto: Antara)

TAHUNA, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut) membentuk tim gabungan pengawasan pendatang. Langkah diambil sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah setempat.

Keputusan ini diambil usai rapat Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sangihe yang dipimpin Bupati Jabes Ezar Gaghana. Rapat diadakan di Papanuhung Tahuna, Sabtu (16/5/2020).

Bupati Jabes yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 ini mengatakan, nantinya tim gabungan akan terdiri atas semua unsur terkait yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe termasuk TNI dan Polri.

Juru Bicara Penanggulangan Covid-19, Jopy Thungari mengatakan, tim gabungan ini akan bertugas mengawasi setiap pendatang yang masuk melalui pelabuhan laut dan bandara. “Tim gabungan akan mengawasi pendatang di pelabuhan dan bandara,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Tahuna, Mocodompis Muhaling, menyambut positif pembentukan tim gabungan. Menurutnya, tim semacam ini sangat dibutuhkan untuk pengawasan pendatang melalui kapal laut.

“Kami setuju. Dengan adanya tim gabungan, maka sangat membantu pihak KUPP Tahuna dalam melaksanakan tugas pengawasan para pendatang,” katanya.

Saat ini di Sangihe terdapat dua pasien terkonfirmasi Covid-19. Hal ini mendasari pengawasan terhadap pendatang melalui pelabuhan laut Tahuna semakin diperketat.

"Kami semakin perketat terhadap pelaku perjalanan yang menggunakan kapal laut, baik yang tiba maupun berangkat," kata dia.


Editor : Umaya Khusniah