Cegah Penyebaran Covid-19, Personel TNI AU Sam Ratulangi Manado Tes Cepat

Antara ยท Selasa, 08 September 2020 - 11:33 WITA
Cegah Penyebaran Covid-19, Personel TNI AU Sam Ratulangi Manado Tes Cepat
Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk menjalani tes cepat. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id – Personel TNI AU (Lanud) Sam Ratulangi, Manado Sulawesi Utara (Sulut) beserta keluarga menjalani tes cepat, Senin (7/9/2020). Tes digelar untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Komandan Lanud Sam Ratulangi, Kolonel Pnb Abram Tumanduk mengatakan, kegiatan tes cepat ini diharapkan dapat menghambat dan membatasi penyebaran virus Covid-19. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan empati, tanggung jawab dan kepedulian bersama akan pentingnya memeriksakan diri untuk menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan.

“Kesempatan baik ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” katanya, Senini (7/9/2020).

Dia mengatakan, masyarakat harus bersyukur masih diberikan kesehatan dibandingkan dengan saudara-saudara lain. Maka dari itu, dia meminta agar tidak menunggu sampai sakit untuk berobat dan diharapkan dapat melakukan pencegahan.

"Jangan ada yang merasa takut, jangan ada yang menghindar atau tidak melaksanakannya. Jangan sampai nila setitik merusak susu sebelanga, kita tidak berharap akan terjadi demikian," katanya.

Namun jika terjadi hal yang tidak diinginkan, maka tindakan harus segera dilaksanakan. Di antaranya, cepat diobati, langsung karatina atau isolasi.

“Jadi saya harapkan disiplin dari seluruh anggota Lanud Sam Ratulangi untuk mengikuti tes cepat ini, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab,” katanya.

Menurutnya, virus ini bukanlah aib. Melalui pemeriksaan tes cepat, merupakan bukti cinta kepada keluarga, orang-orang yang terdekat

"Sebab kita melindungi keluarga, melindungi orang lain," katanya.

Sementara Kepala Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi, Kapten Kes dr Ahmad Fauzi mengatakan, kegiatan kesehatan ini merupakan wujud pertanggungjawaban kepada kedinasan sekaligus bentuk kepedulian keluarga besar Lanud Sam Ratulangi untuk meningkatkan kualitas kesehatannya.

"Ratusan personel Lanud Sam Ratulangi beserta keluarganya akan diambil sampel darahnya," katanya.

Beberapa waktu lalu, Lanud Sam Ratulangi telah menerima bantuan alat tes cepat dari Kementerian Pertahanan RI. Sehingga, Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi yang telah menerimanya diwajibkan untuk segera menyelenggarakan tes cepat ini.

“Kami diperintahkan oleh Kadiskesau, terkait telah menerima bantuan alat tes cepat dari Kemhan. Kami pula dihubungi oleh Kolonel Kes dr Harowi, Kasubdis Yankes Diskesau, untuk segera melaksanakan tes cepat bagi personel dan keluarga," katanya.

Setelah mendapatkan arahan dan petunjuk dari komandan, pihaknya melaksanakan tes cepat bagi seluruh anggota dan seluruh keluarga besar Lanud Sam Ratulangi.


Editor : Umaya Khusniah