Cegah Penyelundupan Barang dan Manusia, Tim Gabungan Patroli di Pulau Marore Sulut

Antara · Sabtu, 06 Juni 2020 - 10:29:00 WITA
Cegah Penyelundupan Barang dan Manusia, Tim Gabungan Patroli di Pulau Marore Sulut
Personel TNI patroli di Pulau Marore Sulut. (Foto: Antara)

TAHUNA, iNews.id – Personel Koramil 1301-10/Marore bersama Satgas Pam Pulau Terluar dari Yonif 711/RKS melaksanakan patroli keamanan di pesisir pantai utara Kepulauan Marore, Sulawesi Utara (Sulut). Langkah ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta masuknya barang-barang ilegal di perbatasan Indonesia dan Filipina.

"Patroli perbatasan seperti ini dilaksanakan secara rutin guna menjaga kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan dengan negara Filipina," kata Bintara Penerangan Kodim Sangihe, Serda Prasetya, Jumat (5/6/2020).

Menurutnya, patroli difokuskan pada jalur-jalur alternatif atau tikus, sebagai rute lintas batas negara. Lokasi tersebut sangat rentan dengan peredaran barang-barang ilegal dari negara Filipina.

Patroli juga dilakukan untuk mencegah keluar masuknya pelintas batas ilegal yang sangat rentan terhadap penyebaran Covid-19.

Danramil 1301-10/Marore, Mayor Inf Komang S juga membenarkan hal tersebut. Patroli keamanan guna menjaga Kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan RI-Filipina.

"Patroli dilakukan untuk memperketat pengawasan terhadap barang-barang ilegal yang diselundupkan di jalur tidak di resmi melalui Pulau Marore ini," kata dia.

Patroli bersama dilakukan agar tidak ada masyarakat yang melakukan kegiatan keluar dan masuk NKRI melalui jalur ilegal dan tidak melalui izin resmi dari instansi pemerintah terkait. "Patroli juga dilakukan menjaga kedaulatan NKRI karena aktivitas lintas batas telah ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19," kata dia.

Editor : Umaya Khusniah