Cuaca Ekstrem, Warga Manado Diminta Waspada Banjir-Longsor dan Pohon Tumbang

Antara ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 14:46 WITA
Cuaca Ekstrem, Warga Manado Diminta Waspada Banjir-Longsor dan Pohon Tumbang
Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut. (Foto: Istimewa)

MANADO, iNews.id - Warga Manado diminta untuk mewaspadai ancaman bencana. Hal ini mengingat cuaca ekstrem yang masih melanda sebagian besar wilayah Sulawesi Utara (Sulut).

Wali Kota Manado Vicky Lumentut mengatakan, saat ini hujan masih berpotensi turun disertai angin kencang, warga yang berdomisili di wilayah rawan harus meningkatkan mitigasi risiko bencana.

"Waspadai cuaca ekstrem yang mengancam wilayah Sulawesi Utara, termasuk Kota Manado saat ini. Lakukan langkah mitigasi untuk menghindarkan diri dari bencana," ujar Lumentut di Manado, Senin (3/8/2020). 

Dia menyebutkan, wilayah seperti tepian daerah aliran sungai, dataran rendah perbukitan dan warga yang berdomisili di kawasan rawan bencana agar siap mengungsi ketika hujan deras dengan durasi lama.

"Bahaya banjir tanah longsor juga termasuk pohon tumbang mengintai warga, terutama yang berada di lokasi-lokasi rawan bencana. Sebisa mungkin mengungsi ke tempat yang aman untuk menghindar," ucapnya. 

Wali kota juga mengingatkan para pengguna jalan raya, terutama pengendara motor atau pengemudi mobil untuk tetap berhati-hati, mengingat angin kencang bisa menyebabkan pohon tumbang atau dahan patah. Di sisi lain, dia juga mengingatkan jajaran pemerintahan, terutama yang berhadapan langsung dengan masyarakat agar memantau dan terus koordinasi.

"Tetap pantau dan waspadai semua kemungkinan yang terjadi. Jika ada sesuatu langsung berkoordinasi dengan instansi yang terkait dan melaporkan sesegera mungkin sehingga tindakan bisa dilakukan secepatnya untuk menolong masyarakat jika terjadi tanah longsor, banjir atau pohon tumbang," kata Lumentut.


Editor : Donald Karouw