Daerah Ini Berhasil Bebas dari Covid, Bupati: Kami Sudah Antisipasi Sejak Awal

Antara ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 14:50:00 WITA
Daerah Ini Berhasil Bebas dari Covid, Bupati: Kami Sudah Antisipasi Sejak Awal
Bupati Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Evangelian Sasingen saat disukusi di BNPB Jakarta. (Foto: Antara).

MANADO, iNews.id - Bupati Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Evangelian Sasingen, memastikan daerahnya sudah terbebas dari wabah virus corona. Sebab pemerintah daerah sudah mengantisipasi penularan kasus sejak awal pandemi pada Maret lalu.

Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, tercatat sebagai zona hijau corona. Namun Evangelian mengakui, sempat ada kasus positif dari klaster pasar di daerahnya beberapa bulan lalu.

"Walaupun zero, tetapi masyarakat tetap harus patuh terhadap protokol kesehatan," kata dia saat diskusi Satgas Penanganan Covid-19 di Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Menurut dia, daerahnya bisa keluar dari pandemi virus corona, karena sebelum Presiden menetapkan adanya kasus Covid-19 di Indonesia, sudah dilakukan antisipasi.

"Kami sudah mulai menyosialisasikan ke masyarakat," ujar dia.

Sosialisasi tentang munculnya penyakit yang menyerang sistem pernapasan itu dilakukan lewat rumah-rumah ibadah dan tokoh-tokoh masyarakat untuk mempermudah penyaluran informasi sampai ke akar rumput.

Setelah muncul kasus pertama COVID-19 di Indonesia, Evangelian langsung membentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di tingkat kabupaten sampai ke tingkat kampung-kampung. Dia juga membatasi akses masuk daerahnya dari Kota Manado.

"Kemudian membangun rumah isolasi mulai dari ingkat desa sampai kabupaten untuk para pengunjung luar daerah. Orang-orang yang masuk ke Sitaro harus melakukan isolasi dulu," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal