Danlantamal VIII Manado Sidak Kapal AL Pulau Karakelang di Bitung

Arther Loupatty ยท Kamis, 11 Juni 2020 - 20:05 WIB
Danlantamal VIII Manado Sidak Kapal AL Pulau Karakelang di Bitung
Danlantamal Sidak Kapal AL Pulau Karakelang II-8-3 untuk mengetahui keadaan Kapal (Foto : iNews.id/Arther)

MANADO, iNews.id - Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap salah satu kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Karalekang, Kamis (11/6/2020). Kapal itu sedang bersandar di Dermaga Satuan Kapal Patroli Lantamal VIII, Aertambaga, Kota Bitung.

Sidak dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Danlantamal mengecek kondisi KAL Pulau Karakelang II-8-30 mulai dari mesin, persenjataan, peralatan navigasi, sampai pada prajurit yang ada untuk pengoperasian di bawah Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Melonguane.

Danlantamal Sidak Kapal AL Pulau Karakelang II-8-3

Saat sidak, Danlantamal VIII langsung memasuki ruangan mesin untuk memeriksa kondisi diesel generator (DG) kanan maupun kiri. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan persenjataan, peralatan navigasi dan reling-reling kapal untuk pengaman sampai pada pengecekan personel Kapal Pulau Karakelang II-8-30.

Danlantamal Sidak Kapal AL Karakelang di dermaga

Danlantamal VIII pada kesempatan tersebut menyampaikan, sidak itu untuk memastikan serta mengetahui secara langsung kondisi KAL Pulau Karakelang II-8-30. Apabila ada kerusakan, akan dicek kembali oleh petugas Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Bitung untuk dilaksanakan perbaikan.

"Setelah dicek, diperbaiki, sehingga KAL Pulau Karekelang II-8-30 dapat kembali beroperasi untuk melakukan pengamanan laut di wilayah kerja Lantamal VIII," ujarnya.

Dalam sidak tersebut, Danlantamal VIII turut didampingi antara lain aslog Danlantamal VIII, aspotmar Danlantamal VIII, dansatrol Lantamal VIII dan kafasharkan Bitung.


Editor : Arther Loupaty