Data Covid-19 Terus Turun, Indonesia Sudah Masuk Fase Endemi

Binti Mufarida · Jumat, 27 Mei 2022 - 13:37:00 WITA
Data Covid-19 Terus Turun, Indonesia Sudah Masuk Fase Endemi
Wisma Atlet

JAKARTA, iNews.id - Data Covid-19 terkini menunjukkan angka penurunan kasus, perawatan di rumah sakit, hingga angka kematian. Pemerintah menyatakan bahwa Indonesia sudah memasuki fase endemi.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan saat ini fasilitas pendukung untuk perawatan pasien Covid-19 masih akan dipertahankan seperlunya. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada lonjakan kasus Covid-19. 

“Untuk fasilitas-fasilitas pendukung apabila terjadi lonjakan kasus, karena ini masih pandemi di global tentunya akan tetap dipertahankan seperlunya untuk mengantisipasi bila ada lonjakan kasus di Indonesia,” kata Wiku saat Konferensi Pers secara virtual, Jumat (27/5/2022).  

Selain itu, Wiku menjelaskan saat ini dunia masih berada dalam situasi pandemi Covid-19. Sehingga, keperluan adanya rumah sakit sebagai antisipasi sangat diperlukan.

“Prinsipnya, situasi dunia sekarang masih pandemi. Kasus Covid-19 di Indonesia relatif terkendali, seperti tadi sudah disampaikan data-datanya, dan kondisi ini harus tetap dipertahankan,” ucap dia menambahkan.

Sementara itu, Wiku menegaskan apabila negara-negara lain bisa mengendalikan kasus, seperti di Indonesia ada kemungkinan status pandemi global bisa dicabut oleh World Health Organization (WHO). 

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: