Ditembak di Depan Rumah, Aktivis Partai Tewas Mengenaskan

Umaya Khusniah ยท Kamis, 01 Juli 2021 - 14:27:00 WITA
Ditembak di Depan Rumah, Aktivis Partai Tewas Mengenaskan
Kelompok pemberontak Houthi. (Foto: Reuters)

ISTANBUL, iNews.id - Bilal Mansour al-Maysari ditembak empat kali di depan rumahnya, distrik Mansoura. Anggota dan aktivis Partai Islah Yaman itu tewas ditembak oleh kelompok bersenjata di Kota Aden, Rabu (30/6/2021) pagi.

Selain aktivis dan anggota partai, korban juga merupakaan seorang ayah tiga anak.

Partai Islah Yaman meminta pihak berwenang seperti gubernur Aden, perdana menteri, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Hak Asasi Manusia untuk bertanggung jawab penuh dan segera melacak para pelaku. 

Sebuah organisasi non-pemerintah yang mengkhususkan diri dalam pengumpulan data konflik, Proyek Data Lokasi dan Peristiwa Konflik Bersenjata (ACLED) mencatat ada 53 pembunuhan atau upaya pembunuhan yang menargetkan ulama dan pemimpin partai Islah di Provinsi Aden, Lahij dan Ad Dali. Dari jumlah tersebut, 32 di antaranya berakhir dengan kematian.

Dalam pernyataannya, partai Islah menekankan perlunya mengakhiri penderitaan, kekacauan keamanan dan kejahatan jalanan.  Dia meminta kepemimpinan negara dan koalisi pimpinan Saudi untuk melakukan tugas mereka dalam menyingkirkan milisi dan mempercepat pelaksanaan keamanan.

Aden telah menjadi markas sementara untuk pemerintah Yaman sejak pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara itu pada tahun 2014, termasuk ibu kota Sana'a.

Editor : Cahya Sumirat