Geliat UMKM di Manado, Pelaku Usaha Berinovasi untuk Bertahan di Tengah Pandemi

Donald Karouw, Subhan Sabu ยท Sabtu, 11 September 2021 - 14:29:00 WITA
Geliat UMKM di Manado, Pelaku Usaha Berinovasi untuk Bertahan di Tengah Pandemi
Pelaku UMKM Rey Maya Veronika yang berinovasi dengan menghasilkan produk rasa baru di masa pandemi. (Foto: MPI/Subhan Sabu)

MANAD0, iNews.id - Sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi salah satu yang terdampak pandemi Covid-19. Para pelaku UMKM tak menyerah, mereka terus berinovasi agar dapat bertahan dalam kondisi ekonomi saat ini.

Salah satunya UMKM Mom Miyuki, sebuah usaha kuliner yang menyajikan cemilan kripik goroho pisang keju di Kota Manado, Sulawesi Utara. Pemilik usaha Rey Maya Veronika mengaku terus berinovasi dengan menawarkan rasa baru yang menggugah selera. 

Dia mengolah pisang goroho dengan rasa baru, yakni kripik pisang goroho keju. Pisang goroho ini merupakan buah pisang yang banyak ditemukan di Sulawesi.

Bagi warga Sulut, pisang goroho sangat populer. Posang ini biasa diolah dengan berbagai cara, baik direbus, digoreng, dibikin kripik, dibakar atau dibuat seperti steak. Apalagi bila dimakan pakai sambal ikan roa, pisang goroho akan lebih nikmat terasa.

"Ini karena pandemi yang membuat saya berinovasi lagi. Awalnya di pasaran itu cuma dengan rasa gula merah, balado dan sejenisnya," kata Maya, Sabtu (11/9/2021).

Kripik pisang goroho keju tak sengaja tercipta dari anaknya yang memakannya dengan mencampurkan susu serta keju. Ternyata rasanya enak, Maya kemudian tertarik untuk berinovasi dengan rasa baru yang tidak sengaja ditemukan tersebut.

"Awalnya saya hanya membuat kripik dengan rasa original. Untuk rasa keju ini nanti September 2020 baru dilaunching, masih baru sih," katanya.

Bahan baku pisang goroho didapat Maya dari suplier yang mengantarkannya langsung, tapi tak jarang juga dia turun langsung mencarinya di kebun. Meski masih baru, kripik pisang goroho ini sudah laris manis di pasaran.

"Walaupun tidak ada yang pesan, saya memproduksinya setiap hari karena puji Tuhan setiap hari produksi langsung ludes," ucapnya.

Dengan harga Rp20.000 per bungkus, kripik pisang goroho keju ini bisa ditemui di toko oleh-oleh, supermarket serta gerai UMKM mal yang ada di Manado. Di Makassar juga sudah ada yang menjadi reseller. Selain itu, bisa juga di pesan lewat Instagram dan Shopee.

Selain kripik pisang goroho keju, Maya juga membuat sambal goreng goroho, sambal goreng kentang kriuk, abon cakalang, sambal roa, nasi tumpeng dan juga keripik goroho roa. 

Keunikan lain dari produksi Mom Miyuki ini terletak di kemasannya. Pada bagian belakang kemasan produk, dia ikut mempromosikan pariwisata di Sulut dengan menyertakan foto-foto rekomendasi tempat wisata.

"Saya juga sekalian ikut mempromosikan tempat-tempat wisata di Manado," tuturnya.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: