Gempa Bumi Tektonik M 3,6 Guncang Tomohon, Ini Penjelasan BMKG

Cahya Sumirat ยท Rabu, 30 September 2020 - 10:44 WITA
Gempa Bumi Tektonik M 3,6 Guncang Tomohon, Ini Penjelasan BMKG
Peta gempa dengan pusat di darat yang terjadi di Tomohon, Sulawesi Utara. (Foto: BMKG)

MANADO, iNews.id - Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3,6 guncang Barat Laut Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (30/9/2020) pukul 07.41 WIB atau 08.41 WITA. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Manado Abraham F Mustamu mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, guncangan yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil permodelan menunjukkan gempa tidak berpotensi tsunami,” katanya.

"Guncangan gempa ini dirasakan di daerah Kota Tomohon dan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa pada skala III MMI. Artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa seperti ada truk yang lewat," ujarnya di Manado, Rabu (30/9/2020).

Menurutnya, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=3,6.  Episenter getaran terletak pada titik koordinat 1,37 LU dan 124.72 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 km arah Barat Laut Kota Tomohon, Sulawesi Utara dengan kedalaman 10 km.

"Sampai pukul 09:20 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," katanya.

Dia mengimbau warga tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan sebelum kembali ke dalam rumah,” kata Abraham.


Editor : Donald Karouw