Gubernur Olly Apresiasi Semangat Warga Nusa Utara Majukan Sektor Pendidikan di Perbatasan

Cahya Sumirat · Selasa, 06 April 2021 - 22:03:00 WITA
Gubernur Olly Apresiasi Semangat Warga Nusa Utara Majukan Sektor Pendidikan di Perbatasan
Olly Dondokambey saat meninjau kampus Polnustar.(Foto: Dok. Humas)

SANGIHE, iNews.id - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meresmikan Gedung Kuliah Terpadu Proyek SBSN Tahun 2020 Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Selasa (6/4/2021). Berdirinya Polnustar merupakan peluang dalam peningkatan ekspor komoditas khas kepulauan yaitu ikan tuna.

Olly dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa berdirinya Polnustar tak lepas dari peran serta dan semangat masyarakat Nusa Utara yang menginginkan pendidikan yang memadai di wilayah perbatasan Indonesia ini.

“Semangat dari warga Nusa Utara pada saat itu memang menginginkan ada lembaga pendidikan yang representatif buat SDM yang ada di Nusa Utara,” kata Olly.

Olly juga menginginkan agar Polnustar yang dibangun ini mencakup warga masyarakat yang ada di kepulauan baik Sitaro maupun Talaud.

“Syukur peluang kita Provinsi Sulut setiap rabu sudah mengekspor ikan tuna secara langsung,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal tersebut orang nomor satu di Sulut ini meminta agar Polnustar serta SMK yang ada di Nusa Utara untuk mengembangkan potensi yang ada dengan memahami cara menangkap yang benar serta cara packing yang memenuhi standar dari Jepang.

“Bagaimana supaya tangkapan nelayan harganya betul-betul sangat mahal karena ikan tuna disini ikan tuna yang sirip kuning,” ucapnya.

Lebih jauh Olly mengingatkan bahwa menciptakan kualitas SDM yang baik memerlukan fasilitas yang memadai.

“Kalau kita cuman menciptakan pendidikan tanpa menyiapkan tempat untuk orang-orang yang kita didik percuma,” ucap Olly.

Pada kesempatan itu juga Olly menjelaskan bahwa pemerintah pusat dan pemerintah provinsi memiliki misi yang sama yakni bagaimana kita membangun dari pinggiran.

“Karena tugas pemerintah adalah hadir ditengah-tengah masyarakat untuk meningkatkan SDM sekaligus meningkatkan pendapatan,” katanya.

Sementara terkait kendala masyarakat kepulauan khususnya fasilitas listrik, Olly mengatakan bahwa ini merupakan kewajiban negara untuk menyiapkan pembangkit listrik.

“Kedepan pemerintah sudah akan mempersiapkan pembangkit listrik di Sangihe, kita akan kembangkan menggunakan LIG,” tuturnya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2