Gubernur Olly Dondokambey Serahkan 1.000 Sertifikat Redistribusi Tanah di Kabupaten Minahasa

Antara ยท Sabtu, 20 Juni 2020 - 09:08 WITA
Gubernur Olly Dondokambey Serahkan 1.000 Sertifikat Redistribusi Tanah di Kabupaten Minahasa
Gubernur Olly Dondokambey menyerahkan sertifikat redis kepada warga empat desa di Kabupaten Minahasa. (Foto: Istimewa)

MANADO, iNews.id - Empat desa di Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) menerima sertifikat redistribusi tanah dari Gubernur Olly Dondokambey, Jumat (19/6/2020). Ada sekitar 1.000 sertifikat redis di Desa Poopoh, Teling, Kumu, dan Pinasungkulan.

Objek sertifikat redis merupakan tanah negara yang diberikan kepada masyarakat. Semua ini adalah program pemerintah pusat.

"Berbeda dengan pembuatan sertifikat gratis, ini pemberian tanah negara yang sudah disertifikatkan untuk masyarakat," katanya Gubernur Olly, Jumat (19/6/2020).

Dari 15 kabupaten dan kota yang ada di Sulut, penyerahan sertifikat redis ini telah dilakukan di dua kabupetan yakni Minahasa Tenggara dan Minahasa. Gubernur Olly memastikan sertifikat redis akan dibagikan ke daerah lainnya di Sulut. Wilayah selanjutnya Kota Bitung.

"Jadi, semua tanah negara yang sudah tidak dikelola oleh pemegang HGU, pemerintah provinsi mempunyai kebijakan memberikan kepada instansi atau masyarakat yang membutuhkan,” kata Olly.

Dia mengimbau masyarakat tidak menjual tanah yang telah disertifikasi redis. "Jangan sampai setelah mendapatkan sertifikat terus dijual, kalau digadaikan di bank untuk bisnis boleh," katanya.

Sertifikat yang diserahkan ini adalah bentuk tugas pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangka memberikan kenyamanan. Gubernur Olly membagikan sertifikat redis secara simbolis kepada warga. Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Provinsi Sulut, Andrei Angouw; Sekdaprov, Edwin Silangen dan Bupati Minahasa, Roy Roring.


Editor : Umaya Khusniah