Hasil Tracing, 60 Kontak Erat 5 Pegawai DPRD Sulut yang Positif Covid Dites Swab

Jefry Langi ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 15:15 WITA
Hasil Tracing, 60 Kontak Erat 5 Pegawai DPRD Sulut yang Positif Covid Dites Swab
Sejumlah kontak erat dari lima pegawai Sekretariat DPRD Sulut yang terkonfirmasi positif covid jalani tes swab di Kantor Dinkes, Jumat (16/10/2020) pagi. (Foto: iNews/Jefry Langi)

MANADO, iNews.id - Satgas Penanganan Covid Sulawesi Utara (Sulut) kembali melakukan tes swab kepada puluhan kontak erat terhadap lima orang yang positif covid di Sekretariat DPRD Sulut. Total ada 60 orang yang menjalani tes swab di halaman Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut, Jumat (16/10/2020) pagi.

Wakil Ketua DPRD Sulut Victor Mailangkay mengatakan, pemeriksaan ini untuk menindaklanjuti, sekaligus memutus mata rantai penyebaran covid. Sebelumnya, tes swab sudah dilakukan pegawai DPRD Sulut dan lima anggota dewan.

"Hasil tes swab pertama ada lima yang positif. Dari kelimanya ini ditracing sehingga terkumpul ada 60 orang kontak erat, mereka ini yang dites swab," ujar Victor, Jumat (16/10/2020).

Menurutnya, DPRD Sulut akan mengikuti prosedur dan sudah berkoordinasi dengan satgas covid untuk penanganan lebih lanjut. Termasuk menerapkan work from home (WFH) 100 persen untuk seluruh pegawai dan anggota dewan di DPRD Sulut.

"Kantor sudah ditutup selama tujuh hari hingga 19 Oktober mendatang. Untuk tes swab hari ini, hasilnya paling lama sampai tiga hari baru keluar," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Sulut Glady Kawatu mengumumkan dirinya positif covid pada Sabtu (10/10/2020). Selanjutnya dilakukan tes swab kepada 71 kontak erat di tempat kerja maupun keluarga pada Senin (12/10/2020). Hasilnya ada lima orang positif yakni dua ASN dan tiga tenaga harian lepas (THL) di DPRD Sulut. Kelima orang ini kemudian ditracing sehingga terdapat 60 kontak erat yang dikemudian dites swab untuk mencegah penyebaran covid.


Editor : Donald Karouw