Indonesia Bakal Kirim 10.000 Pembantu Rumah Tangga ke Malaysia, Berminat?

Antara · Selasa, 25 Januari 2022 - 21:27:00 WITA
Indonesia Bakal Kirim 10.000 Pembantu Rumah Tangga ke Malaysia, Berminat?
TKI atau pekerja migran Indonesia hendak berangkat ke Malaysia (ilustrasi). (Foto: ANTARA) 

KUALA LUMPUR, iNews.id – Sebanyak 10.000 pembantu rumah tangga (PRT) akan dikirim Indonesia ke Malaysia. Pengiriman para pekerja migran ke negeri jiran itu menjadi bagian dari proyek perintis, menyusul penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara kedua negara.

“MoU tentang Rekrutmen dan Penempatan Pekerja Rumah Tangga akan ditandatangani antara Malaysia dan Indonesia di Bali pada 7 dan 8 Februari 2022,” kata Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia, M Saravanan, dalam pernyataan yang dirilis seusai pertemuannya dengan Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauziyah, di Jakarta pada Selasa (25/1/2022).

Pengumuman tersebut menjadi perkembangan baru setelah empat bulan moratorium alias pembekuan pengiriman tenaga kerja asing (TKA) dari Indonesia, termasuk PRT, yang diperpanjang hingga Desember lalu. Saravanan mengatakan, MoU yang telah disepakati antara lain mengenai kebijakan One Maid One House, yaitu sistem satu platform dan gaji minimum untuk pekerja rumah tangga.

“Kebijakan One Maid One Task akan diganti dengan aturan One Maid One House, di mana seorang PRT akan ditempatkan di sebuah rumah tangga yang tidak lebih dari enam orang di dalamnya,” ujarnya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: