Inovasi Baru IKM Bone Bolango, Ubah  Minuman Cap Tikus Jadi Hand Sanitizer

syarif wibowo · Rabu, 18 Agustus 2021 - 20:19:00 WITA
Inovasi Baru IKM Bone Bolango, Ubah  Minuman Cap Tikus Jadi Hand Sanitizer
Minuman beralkohol Cap Tikus yang berasal dari air nira pohon aren di Kabupaten Bone Bolango dilakukan fermentasi, sehingga bisa menghasilkan handsanitizer

BONEBOL, iNews.id- Minuman beralkohol Cap Tikus yang berasal dari air nira pohon aren di Kabupaten Bone Bolango dilakukan fermentasi, sehingga bisa menghasilkan handsanitizer yang berguna bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. 

Hal ini terungkap dalam kegiatan peresmian pemanfaatan gedung dan peralatan Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Bioetanol di Desa Lonuo, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, dan Sentra IKM Kopi di Desa Bangio, Kecamatan Pinogu, Kabupaten Bone Bolango, oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Rabu (18/8/2021). 

Bupati Hamim Pou mengatakan, dengan diresmikan penggunaan sentra IKM Bioetanol di Desa Lonuo ini dapat mengurangi masyarakat yang mengkonsumsi Cap Tikus dan dapat dialihkan untuk memproduksi hand Sanitizer. 

"Saat ini jumlah Sentra IKM di Kabupaten Bone Bolango sudah berjumlah tiga sentra dan meminta agar tetap ada keberlanjutan pemanfaatannya. Jangan hanya sampai pada peresmian saja dan keberlanjutannya tidak ada dan hanya menjadi suatu bangunan monumen," ujarnya. 

Ia juga meminta agar dinas terkait bisa melakukan monitoring dan pengawasan agar bisa berdampak juga pada peningkatan pendapatan masyarakat. Untuk itu, Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Toto Kabila diarahkan untuk membeli dan menggunakan hand sanitizer hasil produk sentra IKM Bioetanol Desa Lonuo. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan dan UMKM Udin Kuku mengungkapkan, dalam memproduksi hand sanitizer ini pihaknya bekerja sama dengan Jurusan Farmasi Fakultas Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo untuk melakukan penelitian dan pengembangan produk ini.

"Kami bekerja sama dengan pihak yang terkait supaya betul-betul hasilnya berkualitas,"katanya. CM

Editor : Syarif Wibowo

Bagikan Artikel: