Jika Harga Elpiji 3 Kg Naik, Ini Dampaknya bagi Masyarakat

azhfar muhammad ยท Minggu, 10 April 2022 - 17:31:00 WITA
Jika Harga Elpiji 3 Kg Naik, Ini Dampaknya bagi Masyarakat
Jika harga LPG 3 kg naik, inflasi berpotensi melonjak hingga pengangguran bertambah. (Foto Antara/HO-Pertamina)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah dampak yang bakal terjadi jika pemerintah menaikkan harga gas elpiji 3 kilogram (kg) diungkap Direktur Center of Economic and Law Studie (Celios) Bhima Yudhistira. Salah satunya, daya beli masyarakat akan menurun. 

Bhima mengatakan, naiknya harga elpiji jenis subsidi berisiko terhadap daya beli 40 persen kelompok pengeluaran terbawah sangat besar. 

Apalagi sebelumnya elpiji nonsubsidi sudah naik sebanyak 2 kali, sehinga banyak konsumen yang turun kelas mengonsumsi LPG 3 kg. Hal ini pada akhirnya juga akan berdampak pada pelaku usaha UMKM. 

“Efek terburuk adalah penutupan pelaku usaha UMKM di sektor makanan dan minuman karena tidak kuat menanggung naiknya biaya produksi. Bisa jadi UMKM gulung tikar,” kata dia kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (10/4/2022). 

Jika pemerintah menaikkan elpiji 3 kg dan Pertalite secara bersamaan, dia memperkirakan, inflasi akan menembus 5 persen pada akhir tahun ini. Dampak lainnya, bertambahnya jumlah pengangguran. 

“Jadi kita bisa perkirakan sendiri berapa banyak yang jadi pengangguran baru, apalagi 97 persen serapan tenaga kerja ada di UMKM.  Efek lain dari naiknya elpiji 3 kg, kalau tidak hati-hati bisa sebabkan panic buying,” tuturnya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: