Kawasan Permukiman Warga di Istiqlal Manado Terbakar, 8 Rumah Ludes Dilalap Api

Jefry Langi ยท Jumat, 04 September 2020 - 11:36 WITA
Kawasan Permukiman Warga di Istiqlal Manado Terbakar, 8 Rumah Ludes Dilalap Api
Petugas damkar dibantu warga saat berjibaku memadamkan kobaran api di kawasan permukiman Istiqlal Manado. (Foto: iNews/Jefry Langi)

MANADO, iNews.id - Kawasan permukiman padat penduduk di Kelurahan Istiqlal, Kota Manado, Sulawesi Utara, terbakar. Dalam kejadian ini, delapan rumah warga ludes dilalap api.

Pantauan iNews, kobaran api tampak membumbung tinggi dan menyebar merata di kawasan permukiman tersebut. Warga dan petugas pemadam kebakaran (damkar) berjibaku memadamkan api dan mencegahnya meluas.

Total ada delapan armada damkar yang dikerahkan dan bolak-balik mengambil air untuk menyiram api. Setelah dua jam, perlahan api mulai dapat dikendalikan.

Kejadian kebakaran ini awalnya melalap rumah keluarga Suban Kajuju pada Kamis (3/9/2020) sore. Belum diketahui penyebab pasti, namun diduga berasal dari arus pendek listrik hingga merembet ke bangunan rumah lainnya.

"Saya lagi tidur dan baru terbangun untuk salat asar. Tiba-tiba saya mendengar ada orang teriak-terika kebakaran. Saya keluar dan lihat api sudah membesar di atas plafon rumah," ujar Suban, pemilik rumah yang terbakar.

Dia mengatakan, awalnya mencoba memadamkan api dengan menyiramkan api dari belakang kulkas. Namun api merembet ke plafon dan membesar.

Saat ini lokasi kebakaran telah dipasang garis polisi. Petugas masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran yang ditaksir menimbulkan kerugian hingga miliaran rupiah. Namun dipastikan tak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.


Editor : Donald Karouw