Kisah Oma Sartje, Lansia di Minahasa Tolak Bantuan Demi Prioritaskan Orang Lain

Subhan Sabu ┬Ě Minggu, 07 Juni 2020 - 12:04 WITA
Kisah Oma Sartje, Lansia di Minahasa Tolak Bantuan Demi Prioritaskan Orang Lain
Oma Sarje, lansia 67 tahun asal Kakas, Minahasa yang menolak menjadi penerima bantuan karena menilai orang lain lebih butuh. (Foto: Facebook)

MANADO, iNews.id - Kisah Sartje Tetengean, seorang perempuan lanjut usia (lansia) berumur 67 tahun yang tinggal sebatang kara menolak menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) viral di media sosial. Warga kurang mampu yang tinggal di Jaga 1, Desa Pahaleten, Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara ini menilai, masih banyak orang yang layak menerima bantuan dibandingkan dirinya.

"Saya menolak BLT DD tahun 2020 karena saya masih merasa sehat dan kuat bekerja. Masih banyak yang membutuhkan dan layak mendapatkan bantuan tersebut," kata Oma Sartje-sapaan akrabnya, Jumat (5/6/2020).

´┐╝Keputusan menolak bantuan itu dituangkannya dalam surat pernyataan untuk menghindari terjadi masalah di kemudian hari. Dia berinisiatif dan menandatangani surat tersebut dengan jarinya yang keriput.

Arthur Maindoka, seorang warga Kecamatan Kakas mengaku salut dengan apa yang dilakukan Oma Sartje. Oma ini menurutnya hanya tinggal sebatang kara karena tidak menikah. Untuk kebutuhan makan sehari-hari, Oma Sartje hanya mengandalkan hasil dagangan kecil-kecilan di depan rumahnya.

"Kurang lebih selama 45 tahun sudah jualan kecil-kecilan. Tapi dengan sekolah ditutup, jadi usahanya menurun karena rumahnya dekat dengan sekolah dasar," kata Arthur.

Kisah insipratif Oma Sartje ini pun viral di media sosial. Banyak yang menaruh hormat atas keputusannya yang dianggap berbeda dengan kebanyakan orang.

"Oma Sartje yang menolak BLT DD mengoreksi kita semua yang mempunyai fisik normal," kata Rickie Koampa, salah satu netizen.


Editor : Donald Karouw