Kombes Pol Christ Pusung, Putra Kawanua Jadi Kandidat Komandan Upacara HUT ke-75 RI

Arther Loupatty ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 14:05 WITA
Kombes Pol Christ Pusung, Putra Kawanua Jadi Kandidat Komandan Upacara HUT ke-75 RI
Kombes Pol Christ Reinhard Pusung. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Putra Kawanua menjadi salah satu kandidat Komandan Upacara (Danup) Peringatan HUT Ke-75 RI di Istana Negara pada 17 Agustus mendatang. Dia adalah Kombes Pol Christ Reinhard Pusung yang merupakan perwakilan dari institusi Polri.

Perwira pangkat tiga bunga ini dikukuhkan bersama tiga kandidat lain yang melengkapi empat matra TNI-Polri. Keempat calon Danup yakni Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor (Asops Paspampers), Kolonel Laut (P) Yudi Kuncoro (Kadis Nautika Pushidrosal), Kolonel Kal Eri Ahmad Harahap ( Paban II/Duklog Slog Kogabwilhan I) dan Kombes Pol Christ Reinhard Pusung (Kasatgaswil Densus 88 AT Polri).

Christ telah dipilih untuk mengikuti proses seleksi Danup upacara kemerdekaan sejak awal 2020. Dia juga tercatat pernah menjadi anggota Paskibraka Provinsi Sulawesi Utara pada 1992 silam.

"28 Tahun lalu saya dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka Provinsi Sulawesi Utara dan bertugas menjadi pembentang bendera pada Upacara 17 Agustus 1992 di Stadion Klabat, Manado. Hari ini saya bersyukur bisa mengikuti Upacara Pengukuhan Paskibraka 2020 oleh Presiden RI di Istana Negara," tulis mantan Kapolres Minahasa tahun 2018 dalam unggahan di akun Instagram-nya, Kamis (13/8/2020).

Dalam unggahan lainnya, Christ Pusung memohon doa agar semoga persiapan dan pelaksanaan upacara berjalan lancar serta semua dalam kondisi sehat.

"23 Tahun lalu berdiri di sini saat Pelantikan Perwira Polri/lulus Akademi Kepolisian. Hari ini bisa ada di sini merupakan berkat kesempatan yang luar biasa dari Tuhan. Latihan di Istana Merdeka, 13 Agustus 2020," tulis lulusan Akpol 1997 tersebut.

Selanjutnya di-postingan lain saat berlatih di Istana Negara, dia juga menuliskan sebuah kalimat ungkapan Minahasa 'I Yayat U Santi'.

Diketahui, nantinya dari keempat kandidat akan ditentukan yang menjadi pemimpin upacara untuk pengibaran dan penurunan Merah Putih saat peringatan HUT ke-75 RI di Istana Negara.

View this post on Instagram

23 Tahun lalu berdiri di sini saat Pelantikan Perwira Polri / lulus Akademi Kepolisian Hari ini bisa ada di sini merupakan berkat kesempatan yang luar biasa dari Tuhan Latihan di Istana Negara, 13 Agustus 2020 #akademikepolisian #akpol #polisi #polri #polisiindonesia #halopolisi #abdinegara

A post shared by Christ Reinhard Pusung, SIK (@christpusung97) on


Editor : Donald Karouw