Laboratorium Covid-19 di Sulut Segera Beroperasi Pekan Depan

Antara ยท Rabu, 22 April 2020 - 17:29 WITA
Laboratorium Covid-19 di Sulut Segera Beroperasi Pekan Depan
Ilustrasi petugas laboratorium sedang cek spesimen virus corona. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.isLaboratorium pemeriksaan dengan metode swab PCR untuk gejala Covid-19 di Sulawesi Utara segera beroperasi pekan depan. Sampai saat ini, masih menunggu reagen atau cairan untuk meneliti sampel swab pasien corona yang sudah dipesan.

"Jadi tinggal satu cairan reagen yang kami masih tunggu, diperkirakan tiba pekan ini," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sulut Steaven Dandel di Manado, Selasa (21/4/2020).

Menurutnya, apabila satu item itu sudah ada, laboratorium pemeriksaan Covid-19 di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu akan dapat beroperasi.

Dia menjelaskan, sebenarnya Sulut memiliki dua laboratorium yang memilik standar pemeriksaan Covid-19. Salah satunya ada di RSUP Prof RD Kandou di Kota Manado. Sementara Satu fasilitas lainnya yakni laboratorium yang dibangun di Sulut dan berada di bawah Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Apabila laboratorium ini sudah dapat difungsikan untuk memeriksa spesimen sampel swab pasien corona, nantinya akan memperkerjakan tiga tenaga lab.

"Mereka sudah dilatih di Balai Besar Laboratorium Jakarta dan Surabaya khusus memeriksa sampel Covid-19," katanya.

Selain itu, laboratorium tersebut akan bekerja sama dengan pakar dari Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado yang memiliki sertifikat biosekuriti Badan PBB untuk Kesehatan Dunia (WHO).

Pakar ini akan memantau keamanan, tata cara, serta pengelolaan dan pemeriksaan sampel laboratorium.

"Tiga tenaga lab tersebut akan 'on the job training' di lokasi pemeriksaan. Kami berharap, berdoa, dalam waktu dekat ini laboratorium segera beroperasi," ujar Dandel.


Editor : Donald Karouw