Laboratorium Libur di Hari Minggu, Sulut Hanya Catat Penambahan 1 Kasus Covid-19

Koran SINDO ยท Senin, 22 Juni 2020 - 19:52 WIB
Laboratorium Libur di Hari Minggu, Sulut Hanya Catat Penambahan 1 Kasus Covid-19
Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut Steaven Dandel. (Foto: Humas Pemprov Sulut)

MANADO, iNews.id - Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mencatat penambahan satu kasus positif Covid-19 pada Senin (22/6/2020). Hal tersebut terjadi karena Laboratorium yang ada di Sulut, baik lab PCR milik Balai Teknik Kesehatan Lingkungan-Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas 1 Manado maupun Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Manado tidak melakukan pemeriksaan sampel swab di Hari Minggu atau libur. 

“Jadi hari ini tidak ada penambahan pasien yang cukup bermakna dari kasus Covid-19 di Sulut. Tidak memberikan gambaran sebenarnya dari fakta epidemiologik karena lab kita untuk hari Minggu memang tidak melaksanakan kegiatan pemeriksaan,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut Steaven Dandel saat konferensi video bersama wartawan, Senin (22/6/2020).

Penambahan satu pasien hari ini yakni kasus nomor 854 merupakan seorang perempuan berusia 16 tahun asal Kotamobagu. Dia merupakan kontak erat risiko tinggi (KERT) dari pasien 828 yang diumumkan sehari sebelumnya.

"Jadi kasus yang terkoneksi dengan 828 ini sudah tiga orang sehingga di dalam mini kluster keluarga ini sudah ada empat orang yang terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Dandel.

Sementara itu, terdapat juga dua kasus yang sudah dinyatakan sembuh lewat hasil pemeriksaan dua kali berturut-turut.

"Dua kasus yang sembuh yakni nomor 82 asal Bitung dan 294 asal Manado,” katanya.

Dengan ketambahan satu pasien positif dan dua pasien sembuh, maka total akumulatif pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut sebanyak 854 orang. Sebanyak 147 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh, 69 meninggal, serta 639 dirawat.


Editor : Donald Karouw