Olly Dondokambey Dorong RS Daerah Tangani Covid-19, Pasien Umum ke RS Swasta

Antara ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 12:36 WIB
Olly Dondokambey Dorong RS Daerah Tangani Covid-19, Pasien Umum ke RS Swasta
Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat mengecek langsung laboratorium real time PCR BTKLPP Mapanget beberapa waktu lalu. (Foto: ANTARA)

MANADO, iNews.id - Gubernur Olly Dondokambey mendorong optimalisasi peranan rumah sakit (RS) kabupaten dan kota se-Sulawesi Utara untuk menangani pasien Covid-19. Bila ini dilakukan, pasien umum akan diarahkan perawatan ke RS swasta, sedangkan RS pemerintah untuk rujukan Covid-19.

"Kita harus siap betul, makanya kita anjurkan rumah sakit daerah di Sulut akan ditingkatkan menjadi rumah sakit Covid-19," ujar Olly di Manado, Selasa (2/6/2020).

Selain rumah sakit pemerintah, pemerintah provinsi (pemprov) sudah mengajak beberapa rumah sakit swasta menyediakan tempat perawatan pasien Covid-19.

"Ada rumah sakit yang akan dibuka dalam minggu-minggu ini di Tateli, mereka sudah siap menampung. Begitu juga dengan Rumah Sakit Siloam," katanya.

Olly juga mendorong semakin banyak fasilitas kesehatan yang menyediakan laboratorium PCR.

"Semakin banyak laboratorium PCR akan kian mempercepat upaya mendeteksi masyarakat yang terdampak Covid-19," ucapnya.

Akumulasi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Sulut meningkat menjadi 354 orang sejak kasus pertama diumumkan pertengahan pada Maret 2020 hingga Selasa (2/6/2020). Dari akumulasi kasus positif tersebut, 259 orang dalam perawatan, 39 meninggal dan 56 sembuh.


Editor : Donald Karouw