Olly Dondokambey Optimistis Laboratorium Unsrat Manado Jadi Rujukan Tes Covid-19

Antara ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 09:19 WIB
Olly Dondokambey Optimistis Laboratorium Unsrat Manado Jadi Rujukan Tes Covid-19
Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (Foto : Antara)

MANADO, iNews.id - Gubernur Olly Dondokambey meminta Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado untuk terus membantu penanganan pandemi Covid-19 di Sulawesi Utara. Salah satunya dengan meningkatkan laboratorium yang dimiliki Unsrat agar siap menjadi rujukan Covid-19 dalam pemeriksaan spesimen swab untuk metode PCR.

"Kami memberikan apresiasi atas dukungan Unsrat dalam penanganan Covid-19 di daerah ini," katanya di Manado, Selasa (2/6/2020).

Olly optimistis laboratorium Unsrat dapat dijadikan rujukan pemeriksaan Covid-19. Hingga hari ini, laboratorium PCR Sulut hanya ada dua, yaitu di RSUP Prof Kandou dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pencegahan Penyakit (BTKL-PP) Mapanget.

Kendalanya, BTKL-PP Mapanget sebagai institusi binaan Kementerian Kesehatan menjadi wilayah regional yang ada di wilayah timur, Maluku Utara dan sekitarnya. Dampaknya, terjadi penumpukan sampel pemeriksaan PCR di laboratorium BTKL-PP yang sehari dapat menyelesaikan pemeriksaan 80-90 sampel.

Begitu juga keterbatasan pemeriksaan sampel di RSUP Prof RD Kandou karena belum bisa secara optimal beroperasi.

"Ketika berdiskusi dengan Ibu Rektor, ternyata di Unsrat bisa kita dorong sedikit agar bisa manfaatkan untuk Lab PCR. Saya sangat berterima kasih karena dukungan Unsrat," katanya.

Dia menambahkan, jajaran pemerintah provinsi akan mendorong laboratorium PCR di Sulut itu bertambah.

"Harapannya ketika laboratorium PCR bertambah bisa mempercepat deteksi dan mengisolasi masyarakat yang memiliki gejala Covid-19," ujar gubernur Sulut ke-13 Sulut tersebut.


Editor : Donald Karouw