Olly Dondokambey Optimistis Sulut Bisa Periksa 2.000 Sampel Covid-19 dalam Sehari

Antara ยท Selasa, 21 Juli 2020 - 13:08 WIB
Olly Dondokambey Optimistis Sulut Bisa Periksa 2.000 Sampel Covid-19 dalam Sehari
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Sulawesi Utara (Sulut) akan memiliki tambahan dua laboratorium Covid-19 dalam waktu dekat. Gubernur Olly Dondokambey optimistis, nantinya dengan penambahan laboratorium ini bisa memacu pemeriksaan hingga 2.000 sampel per hari.

"Dua minggu lagi Sulut akan ada penambahan dua laboratorium untuk mempercepat pemeriksaan sampel," ujar Olly di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Senin (20/7/2020).

Saat ini, gugus tugas memaksimalkan pemeriksaan swab di Laboratorium BTKL-PP Mapanget dan Laboratorium BBPOM Manado.

"Jadi nanti tak akan ada lagi sampel yang hasilnya tertunda 10 sampai 11 hari sehingga ketika diumumkan terjadi lonjakan. Hingga saat ini spesimen yang belum ada hasilnya sebanyak 2.117 sampel," katanya.

Menurutnya, Pemprov Sulut juga berupaya mempercepat penanganan Covid-19 dengan menyediakan fasilitas rumah singgah. Langkah yang dilakukan ini diharapkan juga diikuti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.

"Saya juga meminta kepada Ibu Bupati dan masyarakat menyiapkan rumah-rumah isolasi karena ketika dilakukan tes massal dan ada yang reaktif bisa langsung masuk ke rumah singgah," ucapnya.

Selain penambahan laboratorium, Pemprov juga akan difasilitasi dengan bantuan kendaraan mobile PCR yang bisa memeriksa 120 sampel dalam waktu delapan jam.

"Kita harus melawan Covid-19. Bila tidak, kita tidak bisa bergerak apapun. Karena itu pemprov menyiapkan sarana prasarana untuk percepatan penanganan Covid-19 ini," katanya.

Olly juga mengapresiasi langkah Bupati Bolmong Yasti S Mokoagow yang menerapkan protokol kesehatan sehingga kasus Covid-19 di wilayahnya tidak menanjak dibandingkan dengan daerah lain.


Editor : Donald Karouw