Perahu Tenggelam Dihantam Ombak di Perairan Karatung Talaud, 11 Penumpang Selamat

Subhan Sabu ยท Rabu, 21 Juli 2021 - 16:38:00 WITA
Perahu Tenggelam Dihantam Ombak di Perairan Karatung Talaud, 11 Penumpang Selamat
Petugas saat mengevakuasi penumpang perahu pamboat milik Koperasi Perikanan Dolpin Perbatasan Kecamatan Nanusa yang tenggelam di perairan Karatung, Talaud. (Foto: Polda Sulut)

MANADO, iNews.id - Kecelakaan laut terjadi di perairan dekat Pulau Karatung, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Perahu pamboat milik Koperasi Perikanan Dolpin Perbatasan Kecamatan Nanusa yang mengangkut 11 penumpang tenggelam usai dihantam ombak, Selasa (20/7/2021).

Saksi Maksi Binambuni selaku engineering kapal pamboat mengatakan, awalnya kapal bertolak pukul 13.00 WITA dari Pelabuhan Taturan menuju Karatung. Setelah beberapa jam perjalanan mendekati Pulau Karatung, tiba-tiba kapal dihantam gelombang tinggi mengakibatkan perahu tenggelam dan semua barang hanyut pada pukul 16.00 WITA.

Salah satu penumpang, yaitu perempuan Voni Sirih berusaha naik pada tiang pambout untuk mencari alat komunikasi lewat ponsel untuk menghubungi ibunya meminta pertolongan.

Perahu bantuan yang dibawa Eman Bambuta akhirnya tiba di TKP sekitar pukul 19.00 WITA dan berhasil menyelamatkan para korban.

Kapolsek Gemeh Ipda Cristian Mewengkang mengatakan, peristiwa kecelakaan laut dialami kapal pamboat di perairan Karatung.

“Tidak ada korban jiwa, para korban yang dalam keadaan lemas berhasil dievakuasi sampai di Pelabuhan Karatung pukul 21.00 WITA,” ujar Cristian, Rabu (21/7/2021).

Menurutnya, kecelakaan perahu ini disebabkan karena cuaca buruk dan angin kencang serta terjangan gelombang besar.

“Para korban sudah mendapat penanganan tenaga medis di rumah masing- masing, yang dipantau langsung oleh unsur pimpinan Kecamatan Gemeh,” kata Kapolsek.

Editor : Donald Karouw