Pesawat TNI AU Angkut Bantuan APD di Sulut dan Bawa Petugas Laboratorium PCR

Antara ยท Minggu, 26 April 2020 - 08:04 WITA
Pesawat TNI AU Angkut Bantuan APD di Sulut dan Bawa Petugas Laboratorium PCR
Prajurit TNI saat mendistribusikan APD bagi tenaga medis di Sulut. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Pesawat TNI AU menangkut sejumlah bantuan alat pelindung diri (APD) yang akan digunakan petugas medis di Sulawesi Utara (Sulut). Selain itu turut membawa petugas laboratorium yang nantinya bertugas mengecek sampel swab dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) pasien Covid-19.

"Sore tadi pukul 17.00 WITA barusan telah didistribusikan APD," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 Sulut Steaven Dandel, Sabtu (25/4/2020).

Dia belum merinci berapa banyak APD tahap kelima yang diangkut menggunakan pesawat TNI-AU tersebut. Penerbangan ini juga mengikutsertakan satu orang yang akan melakukan pengaturan dan mengetes peralatan real time PCR.

Peralatan ini akan dimanfaatkan untuk pengoperasikan laboratorium Covid-19 yang ada di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado.

"Pekan depan akan kami ujicobakan," katanya.

Dia menambahkam, ketika fasilitas BTKLPP Manado sudah difungsikan, Sulut secara mandiri sudah dapat melakukan pemeriksaan sampel spesimen untuk memastikan positif atau tidaknya seseorang terpapar virus corona.

Selain BTKLPP Manado, satu fasilitas lainnya yang direncanakan berfungsi sebagai laboratorium pemeriksaan Covid-19 yakni RSUP Prof RD Kandou Manado.


Editor : Donald Karouw