Profesi ART Banyak Dipilih Karyawan Korban PHK selama Pandemi Covid-19

Rina Anggraeni · Minggu, 13 Juni 2021 - 16:55:00 WITA
Profesi ART Banyak Dipilih Karyawan Korban PHK selama Pandemi Covid-19
Ilustrasi maimaid.id (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Tingginya korban pemutusan hubungan kerja (PHK) saat pandemi Covid-19 menambah angka pengangguran. Akibatnya, banyak karyawan yang terkena PHK beralih profesi menjadi Asisten Rumah Tangga (ART).  

Pernyataan itu, disampaikan Chief Marketing Officer maimaid.id, Rio Nopriadi, di Jakarta, Sabtu (12/6/2021). Menurutnya, perseroan justru memanfaatkan pandemi Covid-19 sebagai momentum untuk merekrut masyarakat yang terkena PHK menjadi ART.

"Jadi pandemi ini kami malah kebanjiran orderan karena banyak yang ingin memakai jasa layanan kami. Dan di masa pandemi ini juga lah, banyak yang karyawan yang kena PHK kita rekrut dan kita kasih pekerjaan dengan menjadi ART," ujar Rio di Jakarta, Sabtu (12/6/2021).

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran tembus 8,75 juta orang pada Februari 2021. Jumlahnya tumbuh 1,82 juta dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni 6,93 juta orang.

Terkait dengan itu, Rio mengajak mantan karyawan yang terkena PHK untuk bergabung bersama maimaid.id sebagai alternatif pekerjaan. 

Rio menjelaskan, maimaid.id merektrut ART dengan berbagai kriteria dan prasyarat. Dengan demikian, jika tidak memenuhi syarat maka tidak bisa dijadikan sebagai ART. 

"Kita ini bukan yayasan kita ini penyalur jasa layanan ART secara online, jadinya kita punya syarat dan kentetuan dalam merekrut tenaga kerja," ungkap Rio.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2