Rumah Ibadah Dibuka, Gubernur Sulut Olly Dondokambey Ingatkan Protap Covid-19

Antara ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 08:37 WIB
Rumah Ibadah Dibuka, Gubernur Sulut Olly Dondokambey Ingatkan Protap Covid-19
Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama forkompimda saat mengecek penerapan protokol Covid-19 di Gereja Mawar Sharon, Manado. (Foto: Antara)ANTARA)

MANADO, iNews.id - Gubernur Olly Dondokambey berharap pembukaan rumah ibadah di Sulawesi Utara (Sulut) tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal ini penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Dari awal saya katakan pemerintah tidak menutup rumah ibadah. Kami menganjurkan seluruh pengurus rumah ibadah melakukan kegiatan. Pusat perbelanjaan akan dibuka, tentu rumah ibadah juga harus boleh, tetapi dibatasi dengan semua aturan sesuai protap Covid-19," ujar Olly saat meninjau kesiapan Gereja Mawar Sharon di Manado, Kamis (26/6/2020).

Olly menyebut, syarat pembukaan tempat ibadah di antaranya penerapan jarak fisik dengan melakukan pembatasan jumlah jemaat beribadah. Kemudian penambahan frekuensi beribadah bisa menjadi solusi agar jemaat tetap terlayani.

“Misalnya seperti gedung ini, biasa orang beribadah 700 orang, saya minta paling tinggi 100 orang saja dengan jam beribadah diperpanjang," katanya.

Gubernur mencontohkan, frekuensi beribadah jam 06.00-07.00 Wita, selanjutnya, jam 07.00-08.00 Wita diperpanjang. Dia berharap, penambahan frekuensi jam beribadah diadopsi tempat-tempat lain.

"Saya datang ke sini untuk memastikan karena saya tahu Gereja Mawar Sharon ini banyak sekali jemaatnya. Saya datang mengecek langsung kesiapannya jangan sampai mereka tidak siap, kan repot nantinya," ucap Olly.

Gubernur mengimbau seluruh jemaat disiplin menerapkan protokol Covid-19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak fisik, serta mencuci tangan dengan sabun.

Dia berharap, tempat-tempat ibadah ada aktivitas, kemudian harus sesuai dengan protokol Covid-19 sehingga tidak menjadi kluster-kluster baru penyebaran.

"Paling penting kalau kita beribadah harus menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjaga kesehatan, saya kira tidak ada masalah," ujar Olly.


Editor : Donald Karouw