SAR Evakuasi Nelayan Sangihe yang Hanyut di Perairan Tahuna

Cahya Sumirat ยท Minggu, 23 Agustus 2020 - 13:57 WITA
SAR Evakuasi Nelayan Sangihe yang Hanyut di Perairan Tahuna
Ilustrasi SAR saat melakukan pencarian di lautan. (Foto: dok iNews)

SANGIHE, iNews.id - Seorang nelayan Tajudin Lintuhansen (38) bersama perahunya hanyut terbawa arus saat melaut di perairan Tahuna, Sabtu (22/8/2020). Korban merupakan warga Desa Tinakaren, Kecamatan Nusa Tabukan, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut). 

Kantor Basarnas Manado Suhri Sinaga mengatakan, awalnya menerima laporan dari keluarga korban. Dia langsung memerintahkan koordinator UPT pos Tahuna agar merespons pelaporan satu nelayan hanyut yang melaut belum kembali pulang.

“Informasi dari keluarga, korban melaut sendirian dan biasa pulang pukul 08.00 Wita. Namun sampai pukul 10.00 Wita tak kunjung balik (pulang),” ujar Suhri, Minggu (24/8/2020).

Keluarga menjelaskan, ciri-ciri perahu korban yakni warna putih biru sepanjang 2,5 meter dan lebar 70 cm. Informasi terakhir, korban belum kembali dikarenakan cuaca ekstrem dan ombak tinggi sehingga meminta pertolongan.

“Pos SAR Tahuna langsung bergerak di lokasi yang telah dilaporkan dari keluarga korban. Unsur yang terlibat yakni Basarnas Pos SAR Tahuna dengan lima anggota dibantu masyarakat setempat untuk pencarian,” katanya.

Sore harinya, korban ditemukan dan selanjutnya dievakuasi bersama perahunya.

“Pukul 16.30 WITA korban ditemukan nelayan setempat dalam keadaan selamat beserta perahunya,” ucapnya.

Selanjutnya perahu korban ditarik nelayan setempat dan anggota Pos SAR Tahuna mengawal dari belakang. Sesampai di Desa Tinakareng, korban diserahkan kepada keluarga yang telah menunggu.

Kepala kantor Basarnas Manado mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota Pos SAR Tahuna dan masyarakat setempat yang telah ikut serta membantu melakukan pencarian sehingga korban cepat ditemukan dalam keadaan selamat. 

“Saat ini cuaca tidak menentu dan sering berubah-ubah. Kami harap nelayan setempat yang tinggal di pesisir pantai agar berhati-hati pada saat melaut. Lengkapi diri dengan pelampung serta perbekalan secukupnya," ujarnya.


Editor : Donald Karouw