Selamatkan Danau Tondano, Utamakan Kesejahteraan Masyarakat

Subhan Sabu · Jumat, 15 Juli 2022 - 12:42:00 WITA
Selamatkan Danau Tondano, Utamakan Kesejahteraan Masyarakat
Beberapa bangunan dan keramba yang didirikan dengan memanfaatan lahan danau dilakukan oleh oknum yang merasa memiliki hak atas lahan.(Foto: Istimewa)

MINAHASA, iNews.id - Penguasaan lahan Danau Tondano sudah saatnya dihentikan. Sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2021, Danau Tondano merupakan 1 dari 15 danau prioritas yang harus diselamatkan

"Danau Tondano memiliki nilai sosial-ekonomi besar dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan," kata Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV Ely Kusumastuti, Kamis (14/7/2022).

Secara administratif, Danau Tondano berada di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Eris, Kakas, Kakas Barat, Ramboken, Tondano Barat, Tondano Selatan, dan Tondano Timur. Saat ini, luas Danau Tondano tercatat 4.719 hektare, panjang 11,05 km, dan luas keliling 37,77 km.

Danau Tondano merupakan sumber pembangkit listrik tenaga air, sumber perikanan, sumber air minum, dan irigasi bagi masyarakat di Kabupaten Minahasa serta Sulawesi Utara.

:Tentunya, jika dikelola dengan baik, Danau Tondano juga bisa dikembangkan sebagai objek wisata kelas dunia seperti danau lainnya di Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besa Wisata Sungai Sulawesi I Komang Sudana menyampaikan apresiasi kepada KPK karena turut membantu menyelesaikan persoalan di Danau Tondano.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: