Sitaro, Satu-satunya Wilayah di Sulut Tanpa Kasus Positif Covid-19 dan 0 PDP

Antara, Arther Loupatty ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 14:44 WIB
Sitaro, Satu-satunya Wilayah di Sulut Tanpa Kasus Positif Covid-19 dan 0 PDP
Data Covid-19 Kabupaten Sitaro. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro atau biasa disingkat Sitaro menjadi satu-satunya wilayah di Sulawesi Utara (Sulut) yang belum mencatat kasus Covid-19. Bahkan tak ada satupun kategori pasien dalam pengawasan atau 0 PDP hingga Kamis (21/5/2020) hari ini.

Sementara kategori orang dalam pemantauan (ODP) baru saja masuk satu orang yang tercatat pada Rabu (20/5/2020) kemarin. Kemudian untuk orang tanpa gejala (OTG) juga masih nol.

Sebelumnya Sitaro bersama Kabupaten Bolaang Mongondow menjadi dua daerah di Sulut yang nihil kasus Covid-19. Namun di Bolmong sudah terkonfirmasi satu pasien positif asal Lolak, yakni perempuan 54 tahun tanpa riwayat perjalanan dan kontak dengan pasien positif.

Sitaro merupakan daerah kepulauan baru hasil pemekaran dari Kabupaten Sangihe berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2007. Ibu kotanya terletak di Ondong. Pulau Siau (Kota Ondong) yang menjadi ibu kota memiliki Gunung Api Karangetang dengan status aktif. 

Kepulauan Sitaro terdiri atas tiga gugusan pulau, yaitu Pulau Siau, Tagulandang dan Biaro. Masing-masing memiliki pulau-pulau kecil di sekitarnya. Jumlah pulau di Sitaro sebanyak 47 pulau, 10 berpenghuni dan 37 tidak berpenghuni.

Untuk menuju Sitaro hanya dapat dilakukan dengan menggunakan jasa angkutan laut jenis kapal penumpang perintis. Ditempuh selama 6 hingga 8 jam dari Manado dan hanya 3 jam dengan kapal cepat. Namun kerinduan warga untuk menikmati perjalanan udara segera terwujud. Pada tahun 2020 ini dalam waktu dekat, Bandara Pihise di Sitaro segera beroperasi.

Sitaro juga merupakan daerah kepulauan yang sampai saat ini belum pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo.


Editor : Donald Karouw