Sosialisasi Stimulus Listrik di Sulut, PLN Gandeng YLKI dan Ombudsman 

Antara · Kamis, 01 April 2021 - 11:27:00 WITA
Sosialisasi Stimulus Listrik di Sulut, PLN Gandeng YLKI dan Ombudsman 
Suasana pertemuan antara pihak PLN,  YLKI dan Ombudsman Sulut di Manado, Rabu (31/3/2021).(Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo) menggandeng Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan Ombudsman Sulawesi Utara (Sulut). Sinergi ini dilakukan dalam rangka menyosialisasikan stimulus listrik di Sulut.

"Hal ini sangat penting dilakukan karena YLKI merupakan salah satu wadah pengaduan masyarakat untuk semua hal mengenai konsumen," kata General Manager PLN Suluttenggo Leo Basuki, di Manado, Rabu (31/3/2021).

Ia mengatakan stimulus yang diberikan merupakan bentuk perlindungan sosial pemerintah untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"PLN berharap hadirnya stimulus listrik ini dapat mendorong masyarakat dan pelaku usaha tetap produktif, serta meningkatkan daya beli masyarakat” kata Leo Basuki.

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode April – Juni 2021, besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya. Sebagai informasi, bagi pelanggan pascabayar diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan.

Senior Manager Niaga & Pelayanan Pelanggan PLN Sulutenggo Maria Gunawan mengatakan untuk sementara pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

Kepala Perwakilan Ombudsman Sulut Meilany Fransisca Limpar mengatakan melakukan sosialisasi terkait dengan ketentuan skema stimulus listrik Triwulan II 2021 ini.

“Kami sebagai salah satu lembaga pelayanan publik yang banyak menerima laporan pengaduan dari masyarakat tentunya memerlukan informasi ini bilamana nantinya akan ada laporan masyarakat mengenai ketentuan skema baru stimulus listrik," katanya.

Selain itu, pihaknya juga memberi saran kepada PLN untuk terus melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat melalui semua sarana komunikasi baik secara langsung maupun melalui media massa yang ada.

Senior Manager SDM & Umum Galih Chrissetyo menjelaskan PLN telah melakukan langkah-langkah terorganisasi dalam menyampaikan informasi stimulus listrik ini kepada masyarakat, dengan memanfaatkan berbagai sarana komunikasi baik media cetak, media eleltronik.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2