Sulut Dapat 1 Unit Mobile PCR, Mampu Periksa 120 Sampel dalam Tempo 8 Jam

Antara ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 12:35 WIB
Sulut Dapat 1 Unit Mobile PCR, Mampu Periksa 120 Sampel dalam Tempo 8 Jam
Dokter patologi klinik menunjukkan cara kerja alat Polymerase Chain Reaction (PCR) di Ruang Ektraksi DNA dan RNA. (Foto: Ant)

MANADO, iNews.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara mendapatkan bantuan satu unit mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (mobile PCR) berstandar WHO dari Rajawali Foundation. Alat ini dapat dimanfaatkan untuk tes usap (swab test) massal.

"Kendaraan ini bisa memeriksa 120 sampel dan hasilnya bisa diperoleh dalam waktu delapan jam," ujar Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Manado, Kamis (30/7/2020).

Bantuan senilai Rp4,2 miliar ini diserahkan perwakilan Rajawali Foundation Rudi dan Satrio kepada Kepala BPBD Sulut Joy Oroh disaksikan Kepala BNPB Letjen Monardo di Jakarta.

Olly mengatakan, mobile PCR kedua di Indonesia berstandar WHO ini bakal dioptimalkan untuk menjangkau kabupaten dan kota di Sulut yang membutuhkan tes Covid-19.

"Kalau ada tes secara massal kemudian diminta, pemprov akan datang. Kita harus lawan Covid-19 ini. Bila tidak, kita tidak bisa bergerak apapun,” katanya.

Mobil ini memiliki biosafety cabinet untuk pengerjaan sampel serta ruangan dengan negative pressure yang difiltrasi menggunakan HEPA filter serta fasilitas pengaman lainnya dalam meminimalkan risiko terpaparnya tenaga medis. Selain itu untuk memiliki filter untuk melepas virus ke lingkungan yang sesuai dengan rekomendasi WHO.


Editor : Donald Karouw